Jumat, 28 Januari 2011

3 mata kuliah abadi :)

saat ini aku berada dikampus ISI surakarta, tepatnya disebuah gedung kecil bernama gedung F. di tempat ini bisa dibilang markasnya teman-teman televisi di kampus ISI, semua mahasiswa yang masuk jurusan televisi biasanya menerima ilmu kanuragan di sini. ada yang cukup unik dari penamaan ruangan tempat mereka belajar, ada ruangan yang di beri nama ruangan Garin nugroho, ruangan steven spielberg. nama-nama tersebut adalah nama sutradara kondang didunia (dunia manusia, kalo di dunia setan entah ada sutradara atau nggak aku belum tahu). hari ini aku sengaja datang kekampus untuk memastikan sesuatu hal. sesuatu hal tersebut adalah UJIAN SEMESTER!!!

Ujian semster adalah sebuah kegiatan yang sangat ditakuti para mahasiswa televisi, sebuah tata cara ritual dimana para mahasiswa diberi suatu ujian untuk membuktikan layak tidaknya seseorang untuk naik ke tingkat selanjutnya. sebenarnya jika kalian mahasiswa yang rajin, memiliki fasilitas yang memadai, punya uang cukup, ada motor untuk pergi kemana saja, dan punya wajah ganteng, benda yang bernama ujian nasional itu sebenarnya bukan sesuatu hal yang menakutkan. beda lagi kalau kenyataan yang bernama UJIAN SEMESTER itu di pertemukan dengan seorang mahasiswa yang bernama mujiyono. bagi dia ujian semester adalah momok yang membuatnya ketakutan, keadaanya sama seperti ketika kau kebelet pup tapi di depan ada angkot yang kau tunggu sekian lama. sangat menakutkan bukan?

keadaanku kali ini cukup ambigu, terlalu absurd untuk dijelaskan secara mendetail. aku adalah mahasiswa angkatan 2006 berambut keriting jurusan televisi di ISI surakarta. saat ini aku sedang memasuki keadaan yang cukup kritis, seorang mahasiswa semester 9 (hampir 10) yang masih disorientasi tujuan hidup. ujian semesterku kali ini sebenarnya cukup sedikit, hanya 3 mata kuliah saja. yaitu pendidikan agama islam, animasi 2, dan editing 3. sangat sedikit kan? itu aja aku ngulang begoo...
saat ini teman-temanku tengah berjuang di tahap ujian KP(Kerja profesi) bahkan ada yang seang megerjakan TUGAS AKHIR, dan aku? tentu saja masih mengulang beberapa mata kuliah dengan gembira. aku akan menceritakan sedikit mengenai latar belakang setiap mata kuliah yang aku ulang.

1. pendidikan agama islam
mata kuliah ini adalah mata kuliah yang paling mendasar untuk setiap mahasiswa, banyak materi-materi pengajaran dengan kosakata "tuhan" dan "akherat", yap. ini adalah mata kuliah tentang pegangan hidup seseorang dalam menjalani petualangnnya di dunia yang fana ini. namun apakah ada yang salah dengan mata kuliah ini, mengapa mata kuliah yang mulia ini bisa membuat sesosok cowok keriting itu mengulang samapi 3 kali. kenapa? apakah ada yang tahu? yang tahu akan mendapatkan sebuah kecupan dari luna maya haoyooo...
enggak ding.. mujix sebenarnya sedikit trauma dengan mata kuliah ini, dari tahun pertama sampai tahun ketiga ada saja yang membuat mata kulian ini menjadi momok. (momok lho ya bukan popok ataupun cebok).ketika itu tahun pertama, hal yang membuat dia gagal meluluskan mata kuliah yang mulia ini adalah sebuah kecelakaan kecil di daerah monumen pers. saat itu mujix dan andis sedang asik berpertualang menikmati indahnya kota solo, berkendaraan dengan motor dia kota-kota sampai mana saja, namun naas tidak dapat ditolak, mereka "dicium" sebuah mobil avansa yang tengah melaju dengan depat. lalu terjadilah sebuah benturan yang cukup membuatnya berjalan pincang gara-gara "terinjak" ban avansa tersebut. malang nian kau muj^^
pada tahun kedua, tidak ada avansa ataupun kijang inova. pada tahun ini aku kehilangan sepeda favoritku, kala itu aku sedang giat-giatnya bekerja freelance, tepatnya menjadi ilustrator buat buku anak-anak tk. menggambar bydi, kapal, wortel, paman mencangkul, bis, ani menyapu di halaman, bla, bla, bla,....
petang yang sangat naas itu aku sedang kecapekan habis muter-muter dimana-mana, kemudain aku memarkir sepeda di depan kost, niatnya sih cuman mau tidur-tiduran sebentar, yang terjadi aku tidur beneran sampai pagi. tersadar aku segera berlari ke luar dan sepedaku telah lenyap tanpa bekas (yeah aku adalah orang yang sangat teledor). akibat kejadian itu aku sangat m,alah untuk menghubungi sang dosen, malaas banget. maaf yaap.

2. editing 3
untuk yang kali ini kasusnya agak berbeda, mata kuliah editing sebenarnya sudah aku ambil pada saat semester 5. karena kala itu aku bertemu dengan banyak yugas akhirnya aku memutuskan untuk menata kembali matkul yang aku ambil. kendala terbesar kala itu tentu saja fasilatas dan prasarana untuk mengerjakan tugas. seperti yang kalian tahu aku tidak memiliki komputer ataupun kamera, aku selalu nebeng di tempat temen untuk sekedar mengerjakan tugas. sebenarnya ada juga sih komputer, hanya saja tu alat udah di booking kakakku untuk waktu yang tidak terbatas, yeah dialah pemegang kekuasaan absolut di kontrakan saat itu. alhasil aku meninggalkan matakuliah ini dengan sukses.

3. animasi 2
animasi sebenarnya mata kuliah yang sangat menyenangkan, kamu dapaqt membuat sebongkah manusia kemudian bergerak seakan-akan menjadi hidup. aku sangat tertarik dengan animasi baik yang 2d maupun yang 3d. hanya saja ketertarikan itu biasanya terganjal masalah sara na dan prasarana (kasus yang sama kan?) yang pasti saat itu aku menunda mata kuliah ini demi sebuah tugas produksi 2 yang sangat melelahkan.

oh iya aku melanjutkan posting ini di hari pertama pada bulan februari. dan tentu saja dengan tanggungan satu tugas yang belum kelar yaitu editing 3. aku sudah embuattugas itu ahnya kurang sebuah makalah saja, aku membajak sebuah video milik anak kost ayem dan memberi efek sedikit dan eeng ing eeeng jadilah sebuah tugas editing 3 yang simpel dan sangaat norak:)
maapin aku pak T__T
udah dulu deh kapan -kapan aku lanjutin lagi cint:)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar