Minggu, 13 Februari 2011

satu hari yang ramai XD

akhir pekan ini workshop dari simon hureau telah selesai, ternyata hari ini aku sudah berada di jakarta selama satu minggu penuh (tanpa bolong). banyak sekali pengalaman yang kudapatkan campur aduk dari yang senang sampai yang menyebalkan. pagi hari di AKSAM yang biasanya aku lewati adalah seperti ini:

aku bangun pagi jam 7an, kemudian menengok ke luar, sedikit pemanasan kemudian aku segera mandi, seperangkat alat mandi lengkap (kecuali odol) segera kubawa dengan riang kebelakang (seriang anak es de menemukan uang 1000an). aku biasanya menghabiskan waktu mandi selama 9 menitan, kalo sama pup bisa lebih dari 15 menit. badan seger dan bugar kemudian duduk di kursi kayu putih di depan aksam, aku sangat suka kursi itu, aku merasa oase di jakarta cuman ada dua yaitu "warteg" depan rumahnya mas beng dan "emperan" aksam yang teduh dan nyaman. ada beberapa kemungkinan setelah itu, bisa tiba-tiba mas beng membawakan kopi kemudian kita ngobrol ringan sejenak, atau aku segera nagkring di sepedanya mas tomas atau kak amet untuk segera ke CCF agar tidak telat workshop.

tapi pagi kali ini berbeda, mas beng dan mbak lulu berencana ke bandung untuk menghadiri acara pameran komik almarhum mas norvan dan acara ulang tahun komikara. kita berangkat dari aksam jam 9an pagi, suasana cukup cerah. aku sudah tahu bahwa perjalanan ini akan sangat menyenangkan, oh iya peserta jalan-jalan kali ini ada 7 orang. mereka adalah:

1. bang beng rahadian: dia adalah cowok jangkung berambut berantakan berprofesi sebagai komikus profesional. bang beng adalah aktvis komik (setahuku) paling mengerikan dalam hal pergerakan di komunitas komik. goresannya yang terinspirasi dari komik eropa (si lotif) membuat dia terlihat sangat ajib dalam menggambar. (kadang kala aku merasa wajahnya mirip jason mraz versi indonesia), dia adalah orang yang baik dengan kerendahan hatinya:)

2. mbak lulu ratna: wanita penggagas boemboe.org ini kuketahui pertama kali dari cerita kakakku, dia memamerkan foto mbak lulu saat dia berada di meumere dalam acara short film three cities. aku merasa mereka adalah dua sejoli yang menkautkan, mengapa? sang suami adalah aktivis komik indonesia dan sang istri adalah penggiat film independen yang tak kalah atraktif.

3. kak amet: cowok berambut panjang yang selalu di kucir dan memiliki penyaki yang kita sebut "galau syndrom", yeah dia adalah kak Ahmad IKhwanul Muslimin. menurut kawan-kawannya dia memiliki keberatan nama (berat karena nama kak amet mirip nama teroris yang di cari diseluruh dunia). walau kadang terinveksi penyakit galau dia adalah seseorang yang berhenti ketika lampu merah, dan manusia yang rela menjemput susigit yang sedang mengalami insiden ban bocor. dengan kata lain dia juga cowok yang baik hati dan berbudi luhur (walau galau), hidup kak amet:)

4. mbak erie: nama aslinya Heryani Wahyu Ningrum, dia seseorang yang memiliki berbagai macam jabatan di aksam, mulai dari sekretaris, manajer keuangan, bendahara, sampai seksi yang mengejar-ngejar para komikus di AKSAM untuk memenuhi deadline. dia adalah sesosok wanita yang semangat, ramah, hyperaktif, dan tentu saja keren. dia asli solo tapi hanya saja bahasa jawanya kacau gara-gara dari kecil sampai gede gini hidup di jakarta:D

5. bambang: dia mahasiswa mercubuana sekomplot dengan ridwan, sama-sama suka ngeksis di berbagai tempat (bahkan hampir dilarang foto karena terlalu sering nongol i comical magz). aku kenal dia pertama kali ketika FKI 2008, kala itu ada workshop di TIM kemudian kita berkenalan pada saat akan acara bubar. perkenalan kecil itu ternyata berlanjut ke FB dan kompilasi bersama via digital di GAGAKZINE. (aku heran, orang jakarta kok namanya bambang XD )

6. pak sopir: "pak sopir yang tidak kuketahui namanya" itu ternyata sopir yang sangat handal dan memperhatikan kesehatan. dia bercerita tentang ASAM PROSTAT, GULA DARAH, KOLESTROL, dan DARAH TINGGI, kukira kosakata tersebut mantra untuk menjadi ganteng, ternyata aku salah. semua itu adalah hal-hal yang harus di cek untuk menjaga kesehata. dari "pak sopir yang tidak kuketahui namanya" dia memberiku beberapa petuah dahsyat.

a. jangan tidur setelah makan, biarkan di cerna sejenak selama 2jam
b. periksalah ASAM PROSTAT, GULA DARAH, KOLESTROL minimal satu tahun sekali
c. puasa senin kamis sangat bagus untuk menjaga kesehatan:)
d. istirahat secukupnya.

7. aku :)
besok aku lanjutkan;D, yeah sekarang udah besok. tepatnya hari minggu pagi yang sangat damai, seperti biasa aku nebeng modem di tempatnya akademi samali.
mobil berangkat dari aksam jam 9 lebih, setelah mempersiapkan banyak hal kita semua segera berangkat.

mobil meluncur cukup cepat, kita bergerak ke arah timur, yang pasti jalanan jakarta akhir pekan tidak seramai hari-hari biasanya (terutama hari senin :)). seperti biasa aku memilih tempat duduk dikursi dipinggir jendela, tempat terfavorit kalo dalam perjalanan ke manapun. kita bersenda-gurau membicarakan banyak hal, mulai dari galau, makanan, hingga keadaan bandung yang akan kita datangi nanti. aku sangat bersemangat mengikuti perjalan ini, bandung adalah kota yang sangat asing untukku, kota bandung hanyak kuketahui dari TV, cerita temen, dan tentu saja dari film xxx yang berjudul bandung lautan asmara XD (jangan lupa lagu halo-halo bandungnya).

ketika mobil kami berada di jalan tol jakarta menuju bandung aku merasa sangaaaaaaat senang, aku dapat melihat tempat-tempat baru yang belum aku ketahui. suasana luas yeng diperlihatkan langit biru pagi itupun juga terlihat sangat menakjubkan, sesekali aku menyimak lagu apa yang balak keluar dari radio kecil dalam mobil itu. beberapa list lagu yang paling aku ingat adalah: katon bagaskara-sebuah lagu tentang negeri di awan dan akon-nya lonely.

perjalanan dari jakarta menuju bandung memakan waktu kira-kira 2 jam (mungkin malah lebih). kita mampir ke rumah orangtuanya bang beng, tempat yang sejuuuuuk sekali. dingiiiin XD kalo di solo mirip tawangmangu gitu. rombongan sampai disana disambut dengan hangat dan ramah tamah, ada sebuah gubuk kecil didepan pelataran,, di sampingnya terdapat banyak saturan-sayuran segar yang belum dipetik. kita sarapan disana dengan menu yang sangat mengerikan khas bandung:) tak lupa segelas kopi panas diseruput untuk mengakhiri aktivitas kita di sana. haturnuhuuun pisaan atuh kak XD

mobil melaju kembali, kali ini kita akan menuju ke dareah kota, aku lebih suka memperhatikan suasana yang berada di luar jendala daripada membaca koran ataupun mengobrol, maaf soalnya disini banyak tempat yang aku lihat:D. ketika sampai di sumedang mnak lulu dan mbak eri sudah ribut mengenai yahu. ya... kita berada dipusat tahu paling mantab di jawa barat, kita berada di kota tahu sumedang :D. mobil kami berhenti di sebuah toko yang lumayan besar, mabk eri segera turun menerobos antrean ayng cukup panjang. hampir 10 menit kami menunggu hingga akhirnya mbak eri mendapatkan satu keranjang thu crispy yang sangat enyaaaaak (terutama kalo pake sambalnya:D).

sampai di kota bandung, mobil kita berhenti di sebuah rumah lawas dengan berbagai tanaman menjuntai di atapnya. suasana yang sangat ramah terlihat dari penataan barang dan pemilihan asesoris dari toko tersebut. tempat itu bernama TOBUCIL, toko buku cilik (mengapa buka TOBUKEC aja ya? terlalu macet di lidah kali XD). disana banyak terdapat buku-buku dan peralatan merajut. buku-buku lawas banyak kutemui disana, bahkan ada bukunya bengkel komik street soccer XD.

komikara adalah tempat pemberhentian kita selanjutnya, sebuah rumah komik yang cukup terkenal dibandung. sepertinya mereka berulangtahun kali ini, banyak anak-anak bandung yang doyan komik mengerumun di sana. aku sangat malas menulis sdegan di tempat ini, mereka hanyalah sekumpulan maniak komik yang enggan menyambut tamu dari luar (maaf memang seperti itulah yang kurasakan), sebuah perlakuan yang sangat berbeda dengan komunitas manapun, baik itu solo, jogja, maupun jakarta. dalam setiap bersosialisasi aku selalu menerapkan 3 step dan 3 tingkatan, aku akan menyapa dan mencoba berhubungan secara sosial sebanyak 3 kali. jika sampai tingkatan 3 mereka masih mengacuhkan kita dan enggan merespon...
mati aja lu kelaut...
emangnya komikus cuman lu doang?
untung ajah aku sempet makan pizza disana, jadi aku masih mau berbaik hati menulis tentang kalian disini :)

kalian tahu commonroom, tempat itu sepertinya sarana khusus untuk akan muda disana, saat itu tengah diadakan pamerannya norvan siapa gitu, tribute to norvan, sesosok cowok hebat yang mati muda karena sakit kangker pangkreas. pameran tersebut cukup sederhana, banyak pernak-pernik yang menggambarkan kegiatan dia dari lahir sampai dia meninggal, bahkan ada foto detik-detik ketika dia tengah berjuang menghadap sang Tuhan.
jadi ingat katanya mbak eri, setiap orang baik pasti mati muda:(. sepulangnya dari common room mobil melaju kembali ke arah jakarta, ya... kita kan kembali ke jakarta. setelah makan bakso MALANG di kota BANDUNG. sebuah adegan yang cukup lucu XD

seperti biasa aku duduk di kursi dekat jendela, memandang susana di luar jendela yang sudah hitam pekat. jujur aku sangat benci dengan suasana malam di suatu perjalanan, aku tidak bisa melihat apapun. semuanya gelap, aku hanya diperlihatkan mimpi-mimpi yang terbuang. kalian pernah mengalami keadaan seperti itu bukan?
yeah walau malam itu aku terkapar dan kecapekan baik fisik maupun mental, hari itu sangat menyenangkan:)


mujix, jakarta selatan.
pada tanggal 12 februari 2011

Tidak ada komentar:

Posting Komentar