megamendungkelabu

Kamis, 07 April 2011

awal april yang aneh

Halo...
Berjumpa lagi dengan saya, komikus galau yang selalu bengong saat melihat cewek cakep:D bicara soal cewek cakep dua menit yang lalu aku bertemu wanita cantik. Gadis berambut panjang bermuka manis dengan jaket pink yang cukup lucu. Kadang kala aku mikir banyak opsi mengenai perihal terjadinya cewek cakep, streotipe yang biasanya di celetukan teman-teman adalah:

1.Bapaknya sunat dimana ya? Kok bisa ada cewek seasoy itu. Yah ini perbincangan yang cukup pelik, bicara soal sunat menyunat sudah pasti kita bicara soal dokter spesialis sunat (aku kurang tahu apakah ada dokter spesialis sunat, kalo ada aku di kabarin yah). Proses pemotongan itu memang belum di ketahui seberapa berpengaruh terhadap standar kecantikan/ kegantengan anak yang dilahirkan. Namuin percayalah sunat adalah sebuah kewajiban, dan jangan sekali-kali menyunatkan burung anda di tukang jahit atau di tambal ban, karena itu akan berpengaruh buruk terhadap hidup anda.

2.Ibunya dan bapaknya pasti keturunan luar negeri, yeah faktor ini cukup meyakinkan. Tidak dapat di punkiri dari gen dan DNA yang berbeda tentu dapat menghasilkan anak yang sangat manis. Bisa di bayangkan dong,kenapa artis-artis (lebih tepatnya selebriti kali ya?) berlomba-lomba mencari suami/ istri lura negeri. Mereka sedang menggalakan pembibitan anak unggul dengan berharap dari gen orang luar negeri.
Yah itulah pengantar sedikit tentang postingan kali ini. Beberapa hari ini memang aku sering di teror cewek cantik, dalam kehidupanku persentase ketemu gadis cantik adalah 80% cantik (kecuali kamu main ke panti jompo dan pasar tradisonal, biasanya presentase itu turun menjadi 45%). Setelah kita berbincang tentang cewek sekarang aku akan menuliskan beberapa kegiatanku 2 minggu ini. Yeah ketololanku akhir-akhir ini adalah tidak sempatnya untuk merekam semua aktivitasku dalam blog. Kesibukan yang sangat super membuatku mengacuhkan blog ini cukup lama. Hampir dari pertengahan bulan maret sampai awal april ini aku tidak pernah memposting sesuatu lagi. Yeah maaf buat kawan-kawan yang ngefans ma saya kalian harus kehilangan momen selama hampir 3 minggu. Oke... kita mulai obrolan tentang dua minggu yang hilang itu.
Bulan maret kemarin hidupku sangat mengerikan, yang paling jelas adalah aku sedang sangat bersemangat sekali.

Aku menyelesaikan 3 komik sekaligus dalam satu bulan. Komik yang aku kerjakan adalah: Josephira, amed #2, dan badai otak. Aku akan sedikit menceritakan mengenai amed #2 dan badai otak, untuk josephira mending kita acuhkan saja karena komik itu sudah kita bahas dalam postingan kemarin. Amed adalah salah satu komik strip yang sangat sukai, sebuah komik 4 panel yang bercerita mengenai betapa polosnya dunia anak kecil, tokoh utama komik ini adalah seorang anak kecil bernama amed.




Dia adalah seorang siswa di suatu sd, kelas 4, dengan sejuta ilmu baru yang dia peroleh di tempat dia bersekolah. Latar belakang komik ini sebenarnya cukup simpel dan sederhana, aku berpendapat suatu fase paling menentukan dalam pencarian ilmu yang palingberguna dalam kehidupan adalah ketika kita ada di fase sekolah dasar. Kita bertemu dengan huruf, angka, dan tentu saja berbagai ilmu lainnya. Bukannya menyepelekan sekolah lain, namun dalam kehidupan nyata kita lebih sering bertemu dengan “bagaimana menghitung uang” daripada “menghitung massa suatu benda ketika sebuah gelas jatuh dari atas ”, atau “bagaimana kita harus membaca buku” daripada “ bagaimana membuat peta buta suatu negara”. Si amed adalah anak cerdas yang merespon kegilaan hidup di indonesia dengan ilmu sederhana yang dia dapat dari ibu dan bapak guru favoritnya di sekolah. Kepolosan dan keluguannya menjalani hidup cukup menarik apabila kita melihat dari sudut pandang dunia orang dewasa yang serba sibuk dan serba penuh logika. Komik ini aku buat untuk suatu media cetak dijakarta, aku berharap komik ini suatu saat bisa menjadi buku yang cukup keren. Edisi pertama sudah naik cetak, sebuah episode yang bercerita tentang ayam goreng dan keinginannya mendiamkan adik semata wayang yang bernama “Otong”. Tanggapan dan kritik bermunculan setelah komik itu aku upload di FB dan deviantart. Tanggapan yang paing mengena adalah dari komikus nasional bernama Ismail. Komikus lokal yang tengah naik daun di koran kompas dengan sukribonya. Aku sangat berharap banyak dengan saran dan kritik dari pembaca, karena dengan hal itu kita dapat memperbaiki dan tentu saja membuat karya yang lebih baik. Saran-kritik itu akhirnya aku terapkan di komik amed #2, dalam episode ini amed sedang mengikuti sebuah pelajaran tentang cita-cita dan masa depan, tentus aja dia akan merespon keadaan itu dengan keluguan dan kekonyolannya. Dia mencoba berpikir realistis dengan sentuhan anak-anak. Setelah semua kekurangan fix akhirnya aku meng-email komik tersebut ke jakarta, setelahmenginbox mbak christine sekarang tinggal menunggu hasil akhirnya, semoga saja di muat dan membuka jalan rejeki yang lain XD. Karakter yang menyenangkan, semoga amed dan kawan-kawan bisa dapat tempat di hati pembaca.


Komik yang kedua berjudul badai otak. Sebuah komik tentang indonesia, karya ini aku buat untuk mengikuti sebuah kompetisi on line yang diadakan oleh dinas pariwisata dan kebudayaan. Tema yang di angkat adalah “menggagas kekinian indonesia melalui seni media” sebuah tema yang sangat aneh. Ketika aku membaca intisari kompetisi itu aku merasa ini adalah sebuah tantangan yang cukup seru. Terlepas dari tema yang sangat terlalu luas tersebut, momen ini adalah saatyang tepat melatih kepekaan kita dalam memahami suatu permasalahan. “ kekinian indonesia” dan “seni media” adalah dua poin penting dalam karya badai otak. Secara teknis aku membuat komik itu dengan media kertas dengan coloring manual, 6 halaman komik penuh dengan sindiran-sindiran mengenai indonesia. Adegan komik itu dimulai dengan sebuah parodi tentang perang ramayana, perpaduan komedi slapstik dan karakter tolol khas mujix membuat komik itu sangat ekspresif.



Aku kurang begitu perduli dengan hasil yang akan terjadi, kalaupun kurang mendapat perhatian dari dewan juri atau bahkan kalah, setidaknya aku sudah banyak belajar mengenai pemecahan suatu tema dan menerapkannya di bidang seni rupa yang sangat saya sukai, yaitu bidang komik. Kadang kala banyak pembaca mempertanyakan megenai judul aku yang pilih. Badai otak adalah sebuah judul konyol yang terbesit ketika aku stress memikirkan ide cerita, badai otak dalam bahasa inggris adalah “brain storming”, terjemahan goblok mengenai kosakata itu. Kover komik ini sangat unik, gambarnya adalah sesosok pria setan keriting tersenyum kejam dengan 6 tangan dan bola dunia di depannya. Setiap tangan tersebut mewakili media komunikasi yang saat ini tengah eksis di tengah masyarakat. Inti dari komik itu kita berbicara mengenai peran serta masyarakat indonesia dalam menuju kehidupan berbangsa yang berbahagia. Sedikit menyindir tentang media yang hanya memberikan wacana namun tidak memperhatikan akibat dari wacana tersebut dalam masyarakat, menyikapi berbagai informasi di media yang sebenarnya telah dimanipulasi banyak pihak untuk kepentingan pribadi, dan tentu saja kebiasaan masyarakat indonesia yang sangat suka berwacana tanpa tindakan yang nyata. Yeah begitulah XD
ini link komiknya : http://www.komikoo.com/komik/badai-otak

Mujix
kamu tahu kalo cowok yang ini cepat sekali bangkit dari keterpurukan, dia berjanji membuat hidupnya keren.
solo, 7 april 2011

Label: