megamendungkelabu

Senin, 17 Oktober 2011

Kesempurnaan Cinta

aku memperhatikan monitor kamera digital bermerek Sony CYBER-SHOT 7.2 mega pixel itu dengan seksama. Terlihat gambar seorang lelaki pendek berkemeja biru dan bercelana berwarna krem tengah bernyanyi cukup serius. Terdengar cukup lirih sepenggal lagu Chrisye berjudul 'Seperti Yang Kau Minta', sebuah lagu cukup lawas kurasa. Bait terakhir telah dilantunkan lelaki pendek berkemeja biru itu, dia segera saja menghampiriku dengan senyum lebar seperti biasanya. Dia berjalan ke arahku dengan menggamit tangan perempuan berjilbab putih pucat. Mereka adalah sepasang suami istri yang luar biasa, setidaknya itu yang aku pikirkan ketika melihat adegan kecil tersebut.



Tombol preview itu aku tekan dengan perlahan, sekejap muncul gambar adegan yang telah terekam, lelaki pendek berbaju biru itu melihatnya dengan sangat atusias. Aku segera menghela nafas panjang, membiarkan mereka terlarut sejenak melihat gambar tayangan pendek tersebut. Hari itu memang cukup panas, walaupun kami berada di sebuah taman besar penuh dengan rerimbunan pohon, ternyata memang tidak berpengaruh banyak terhadap hawa nan panas itu. Aku melirik jam digital di HP Nokia 6070, sial tentu saja sangat panas, saat itu tepat pukul 12 siang. Pandanganku kualihkan melihat dua sejoli tersebut dengan tatapan penuh arti, sedikit terharu melihat adegan manis tersebut. Yeah sepertinya aku telah terlibat dalam sebuah kisah cinta yang tak secengeng orang-orang bilang, sebuah drama romantis yang tokoh protagonisnya adalah lelaki pendek berkemeja biru tersebut.



Ingatanku kembali kemasa lalu dimana aku pertama kali bertemu dengan lelaki pendek berkemeja biru itu, saat itu tahun 2004. Masa dimana aku masih berusia 17 tahun, masih ganteng dan tentu saja kriting. Kami menyusuri bagian barat sekolah dengan penuh antusias, scene kecil dimana kami telah mengakhiri rapat PERACIK (PERkumpulan Anak Pecinta komIK ), sebuah komunitas komik yang kami dirikan bersama kawan-kawan seni rupa di SMSR (sekolah menengah seni rupa). Lelaki pendek berkemeja biru itu dulu tidak serapi saat ini, saat itu dia datang berbusana lebih santai, memakai jumper berwarna abu-abu kelam, berambut gondrong dan dikucir kebelakang, dan bercelana jeans biru gelap. Aku, bang Arumania, mas Ryan, mbak Eny, pak Iyok, dan kak Mujadi Tani berjalan beriringan selepas jam 4 sore. Iya,nama lelaki pendek berkemeja biru yang akan aku ceritakan ini bernama Mujadi Tani. Sesosok komikus dan petualang dengan jutaan cerita yang bahkan bisa memadamkan matahari siang hari andaikata kalian mau mendengarkannya.


kak Mujadi Tani adalah seorang lelaki yang doyan nyengir Dimana saja, kapan saja, dengan siapa saja *kecuali sama kuda lumping:D andaikata di hidupku ada penganugrahan cowok terceria maka dia adalah juara bertahan yang bakal sangat sulit menemukan rivalnya. Aku tidak tahu darimana dia memperoleh kekuatan energi positif itu, sebuah daya signifikan yang membuatnya terus bergembira hingga detik ini. Yaah, setidaknya alasan itu terbongkar kemarin sore di GKS (Gedung Kesenian Surakarta)*sebuah gedung yang tahun depan akan di robohkan dikarenakan huru-hara dan penuh kekacauan gara-gara idealis para pemuda dan pemudi yang makin menggelora:D dia datang ke bekas gedung bioskop berdua dengan istrinya. Kali ini dia memakai jumper berwarna krem dan perpaduan gaya kalem seorang bapak-bapak. Aku segera mengcopy beberapa file dari hardisk computer, sebuah video diary yang berisi cuplikan kilas hidup mas mujadi tani. Segera saja kuserahkan data tersebut dengan suka cita. setelah berpacaran dengan softwere Adobe Premierre Pro dan Adobe Photoshop Cs selama satu minggu akhirnya video itu aku selesaikan dengan gilang gemilang. Kalian merasa postingan kali ini terlalu serius? Kalo iya, silahkan mendownload photo profilku yang mumumu deh, semoga kalian menjadi lebih rileks *langsung di massa sama warga sekampung



Kurasa cerita tentang “Kesempurnaan Cinta” akan aku mulai dengan perkenalan beberapa tokoh sentral yang membuat kisah ini begitu mengharu biru. Tokoh pertama bernama Mujadi Tani, diskripsi tentang dia sudah aku singgung sedikit di beberapa paragraph awal di postingan kali ini. Ketika pertama dulu berkenalan dia kupikir adalah sesosok pemuda super absurd yang bercita-cita menjadi petani, ternyata pikiran busukku itu salah. Nama Mujadi Tani berasal dari penggabungan nama “Mujadi” dan “Darto Tani”, dia meng-combine nama tunggalnya dengan nama ayahnya dan yang ternyata mengispirasiku untuk mengganti nama FB-ku menjadi: Mujiyono Sutarno (sebenarnya sih pengen tak ganti nama ”Mujixx pennend cellallU Dicaiayank Ma Ammmuh”, tapi aku khawatir kalian akan mengalami sakratul maut lebih awal dari takdir yang telah ditentukan Tuhan). Tokoh kedua bernama Putri, nama lengkapnya aku lupa. Dia adalah sesosok wanita penderita Tuna Grahita,




Tunagrahita adalah keadaaan keterbelakangan mental, keadaan ini dikenal juga retardasi mental (mental retardation). Pengertian Tunagrahita menurut American Asociation on Mental Deficiency/AAMD dalam B3PTKSM, (p. 20) sebagai berikut: yang meliputi fungsi intelektual umum di bawah rata-rata (Sub-average), yaitu IQ 84 ke bawah berdasarkan tes; yang muncul sebelum usia 16 tahun; yang menunjukkan hambatan dalam perilaku adaptif. Sedangkan pengertian Tunagrahita menurut Japan League for Mentally Retarded (1992: p.22) dalam B3PTKSM (p. 20-22) sebagai berikut: Fungsi intelektualnya lamban, yaitu IQ 70 kebawah berdasarkan tes inteligensi baku.Kekurangan dalam perilaku adaptif. Terjadi pada masa perkembangan, yaitu anatara masa konsepsi hingga usia 18 tahun. Pengklasifikasian/penggolongan Anak Tunagrahita untuk keperluan pembelajaran menurut American Association on Mental Retardation dalam Special Education in Ontario Schools (p. 100)


(http://id.wikipedia.org/wiki/Tunagrahita)

Aku belum bisa menceritakan banyak hal tentang Putri, namun yang pasti kalian akan membaca kisah cinta luar biasa.


Cerita ini dimulai pada pertengahan bulan Maret 2010, siang itu aku tiba-tiba dikejutkan pesan pendek dari mujadi tani mengenai akan tampilnya dia di sebuah program acara televisi swasta. Sebuah program acara di Metro TV yang bernama KICK ANDY SHOW. Kalian tahu KICK ANDY SHOW? Bukan, itu bukan acara dimana mas Andy F Noya di tendang bareng-bareng oleh seluruh kru Metro TV *hedheeh acaranya brutal amat jix, gak sekalian bikin acara penelanjangan massal para anggota DPR? Kurasa kita harus segera meluruskan dikripsi mengenai KICK ANDY SHOW, takutnya mas Andy F Noya baca tulisan ini dan segera bela-belain hijrah ke solo dengan semangat 45, hanya untuk menendang pantat si mujix gara-gara postingan kacau ini.



KICK ANDY SHOW adalah sebuah program acara televisi dimana banyak orang “keren” diundang dan diajak bercerita mengenai perjalanan hidup serta pengaruh apa yang dia berikan ke masyarakat. Berbagai person dari banyak kalangan telah nongol dan nyengir di acara ini, mulai dari politikus, seniman, novelis, guru, pemusik, bahkan presiden luar negeri. mereka telah berbagai cerita dengan mas Andy F Noya. ada criteria khusus untuk bisa tampil di acara ini. Orang-orang keren dan kontroversial semacam presiden Timur Leste XANANA GUSMAO, Susno, Novelis keren Andrea Hirata dengan Laskar Pelanginya, Pepeng “jari-jari” dengan 500 karikaturnya, dan masih banyak lagi yang tidak bisa saya sebutkan satu persatu. Pesan singkat dari mujadi itu kira-kira berbunyi “saksikan saya nanti malam di acara KICK ANDY SHOW”.



Astaganagapunyapacarlunamaya, aku kaget, shock, kemudian kejang-kejang, hidungku bertambah mancung 5 senti kebelakang, mendadak tambah ganteng *kalo yang ini mah ngarep, rambutku berubah jadi kribo *ngaco jix, itu mah udah bawaan orok lu berambut kribo.



Mas mujadi yang kecanduan memanggil aku “Mujijer” itu tampil di KICK ANDY SHOW? Ambooi ngapain? Buat nendangin mas Andy F Noya? Atau apakah novel petualangan labilnya berjudul “Bendera” telah mengispirasi banyak orang untuk rutin pergi ke dokter gigi? Ataukah-ataukah… DUAK!!! TUING!!! *belum selesai ngomong si mujix sudah di tendang mental sampai kutub utara oleh Mujadi dan Mas Andy.



Malam itu aku mendapat jawabannya, walaupun berbenturan jadwal dengan pertunjukan ritual sesat The Mudub akhirnya aku menyempatkan waktu untuk sekedar menengok apa yang terjadi malam itu di acara KICK ANDY SHOW. Terlihat di layar ada Dedy Mizwar memegang sebuah benda panjang berwarna coklat, dia tertawa renyah sambil menunjukkan benda itu kearah kamera, disusul Sinta dan Jojo ngedance kejang-kejang sambil lipsing lagu gak jelas, kemudian mereka bernyanyi-nyanyi dengan lagu irama aneh sambil berkata “SO NICE ENAAAK LHO!!!”

Aku bengong....


temanku juga bengong....


Nikita Willy kurasa juga bengong bego melihat adegan labil tersebut.


Mana Kak Mujadi? Katanya muncul di acara KICK ANDY SHOW? astogfirullah ternyata salah chanel sama Iklan sosis. OMG, WTF, WWF, PBB, JAV, SNSD!!!! ternyata temanku memanteng salah satu iklan makanan di tengah-tengah commercial break di sinetron religi salah satu stasiun swasta.


“mas topik, please ganti chanel ke METRO TV?! Kalo enggak aku bakal nyegur ke sumur nih ” kataku dengan sedikit memaksa, padahal di tempat itu tidak ada sumur. Ada juga bak kamar mandi yang isinya kayak gado-gado didalamnya* sabun giv, bungkus sampo emeron, sikat gigi merek rita, bahkan puing pesawat lion air kadangkala nyungsep bak itu. Chanel pun berpindah ke sebuah program acara dengan sosok lelaki kribo berpakaian resmi tengah mengintrograsi dengan lembut nara sumbernya. Ambooooiiii ada kak Mujadi meeen, *aku berteriak girang setelah kupastikan tidak ada om Dedy Mizwar atau Sinta Jojo yang tengah joget girang bin labil pegang sosis di sekitar om Andy F Noya)



Aku terkagum-kagum dengan mata berbinar-binar menatap tayangan itu, sepertinya aku telat 10 menitan. Teryata kak Mujadi datang dengan mbak Putri, terjawablah sudah pertanyaan alasan mas mujadi kesasar ke acara KICK ANDY SHOW. Tayangan tersebut bertema “kesempurnaan cinta”, orang-orang hebat hadir dengan berbagai kisah cinta yang dramatis dengan segala lika-likunya. Secara garis besar tayangan itu ingin bercerita tentang pasangan-pasangan hebat dengan suami atau istri yang mempunyai kelainan fisik maupun non fisik didalam tubuhnya.

Kereeen…


Semenjak acara tersebut berakhir aku semakin melihat segala hal di kehidupan ini dengan sudut pandang yang berbeda.



Hingga akhirnya akhir bulan juli 2011 aku bertemu mas mujadi dan mbak putri, dia memintaku untuk membuatkan sebuah video klip tentang mereka. Aku memasang muka tolol ketika dia membicarakan konsep teknis video tersebut, dia ingin lipsinc lagunya crisye dan seimic di sebuah taman. Aku baru ngeh, setelah dia berbicara mengenai sinta dan jojo *iya, duo cewek yang suka pegang SOSIS, Entah sosis punya siapa:D


Kami akhirnya membuat janji syuting video di Taman Balekambang, disebuah taman asri ditengah kota Surakarta. Sekedar info, ada kijang disitu, buat yang merasa kehilangan saudara atau kawan yang mirip kijang silahkan diperiksa disana, kali aja ada saudara atau kawan kalian khilaf berada disana. Video pertama yang kami buat adalah lagunya Seismic. Aku kurang tahu tentang band Seismic tersebut, kupikir itu adalah sebuah alamat site yang memudahkan kita untuk ngetweet dan nyetatus seperti yang diajarkan mas Bayu Bergas di seismic.com. iya mas Bayu Bergas yang itu, om-om brewok programmer beberapa festifal film indie yang ngefans lagunya EMPAT MATA-nya D’BAGINDAS, *ampyuuuun DiiiJeeeee.... gak kuat nginget ketika dia goyang-goyang sambil backsound lagunya EMPAT MATA-nya D’BAGINDAS .


adegan tersebut cukup simple, Kak Mujadi duduk di sebuah bangku taman dengan berpantomim seolah-olah dia menjadi vokalis tersebut, mbak putri duduk berhadapan dengan dia. Untuk menyamakan tempo Kak Mujadi mendengarkan lagu tersebut dari HP Sony Ericcson dari saku kemejanya.
Video yang kedua adalah lagunya Chrisye berjudul “Seperti Yang Kau Minta”. Lagu super galau dari om chrisye. Kami segera berpindah tempat dibagian barat, deket kolam.


Kolam ikan piranha,kemudian Kak Mujadi mendadak melompat dan melawan ikan piranha tersebut dengan action beam-nya crayon shinchan. Kak Mujadi menang, kemudian ada meteor menabrak Taman Balekambang. cerita tamat. Cerita bohong itu akhirnya tamat, iya aku bohongin kalian:D bak buk bak buk bak buk *mujix di pukulin para pengunjung Taman Balekambang. Video kedua mereka duduk berjejer di sebuah bangku semen di bawah pohon beringin, sambil memegang buku komik berjudul “Budha vol 8 karya osamu tezuka” Kak Mujadi memulai lipsicnya.dia mengakhiri adegan tersebut dengan menggegam tangan Mbak Putri. *untung tidak diakhiri memegang tangannya mas mujix:p



Kami mengahiri prosesi pengambilan gambar itu kira-kira jam 3 sore. Aku juga meminta stock gambar lain, aku mempunyai rencana agar video ini tidak sekedar lipsync saja, aku ingin membuat video diary tentang mereka.


Hari berikutnya Kak Mujadi dan Mbak Putri datang ke Kost Ayem di Kentingan.dia menyerahkan Sebuah MMC dan flash disc berisi stok foto dan video tentang Mbak Putri. Yup. Kalian benar, aku tidak ingin sekedar membuat editing yang sangat biasa. Harus ada cerita yang ingin aku sampaikan pada banyak orang, setidaknya melalui video itu aku ingin banyak orang mengetahui kisah seru tersebut. Bahkan aku sempat membuat naskah scenario untuk video total masing 3 menitan itu. Dalam video Chrisye aku menggabungkan stok video rekaman Mbak Putri dengan penampilan mereka di KICK ANDY SHOW. Aku juga men-scan buku cinderamata mereka yang berjudul “Menyempurnakan Setengah”. di Video “Seperti Yang Kau Minta” ini aku akan bercerita latar belakang Kak Mujadi dan Mbak Putri dengan bahasa simbol yang sederhana, aku memotong banyak adegan Mbak Putri, Kak Mujadi yang menyanyi, dan menyatukan dengan sosok lelaki kribo berpakaian resmi di program acara KICK ANDY SHOW. Untuk video yang kedua aku lebih banyak bermain dengan still gambar dan foto-foto mereka. Bisa dibilang videonya “seismic” ini aku ingin menegaskan bahwa ada kebahagian di hari-hari mereka. banyak Efek seperti dissolve, blur, dan black and white aku gunakan untuk memperkuat maksud dalam video itu.



pernah suatu hari Kak Mujadi berkata banyak cibiran tentang pernikahannya dengan Mbak Putri. Namun ejekan dan umpatan banyak orang tersebut diaggap angin lalu saja bagi dia, bagi Kak Mujadi semua mahkluk ciptaan tuhan berhak bahagia. Tuhan mempertemukan mereka dengan sangat romantis, banyak Orang terinspirasi dari kisah mereka, Dan Kak Mujadi ingin menjadi sesosok laki-laki sejati yang ingin membahagiakan Mbak Putri. Kalian telah melihat pertemuan sederhana sesosok manusia ceria, beridealis tinggi, dan mempunyai fisik normal bernama Kak Mujadi Tani dengan Mbak Putri, seorang wanita penderita tunagrahita, berjiwa gembira ala kanak-kanak kelas 5 SD. pertemuan sederhana dengan misi rumit dan besar bernama kebahagiaan. So, semoga kita bisa menjadi seseorang yang bisa mengisnpirasi orang lain dalam hal kebaikan. amien ya rohim...



Ini video menyempurnakan setengah yang saya edit:


postingan ini saya tutup dengan kutipan Kak Mujadi di acara KICK ANDY SHOW:


"Saya agak bingung kalo di tanya tentang CINTA, mungkin menikah itupun saya tidak berharap dari CINTA, saya berharap dari niat. niat saya memang untuk menikah, bersama, maju supaya kedepannya semakin baik, dan biarkan CINTA itu tumbuh perlahan setelah masuk ke maghligai pernikahan"

~Mujadi dan Andy F Noya in KICK ANDY SHOW~



Mujix
seorang cowok kribo yang
banyak belajar tentang hidup
dari seorang lelaki pendek berkemeja biru
bernama kak Mujadi Tani
Solo 17 Oktober 2011

Label: