Minggu, 02 Oktober 2011

Lelaki sejati dan Segelas kopi hitam

Sebuah gelas berwarna putih dia letakkan dengan sangat hati-hati disamping keybord komputer di padepokan. Tampak kabut putih menggumpal pelan menandakan kopi itu masih sangat panas. Segelas kopi hitam di ujung pagi tersaji dengan cukup bersahaja di hari minggu ini. Minuman beraroma khas itu baru saja menjadi kawannya mungkin belum ada 2 bulan. Selama ini temannya hanya ada buku, kertas gambar, komik, pensil, seperangkat alat warna dan tentu saja manusia-manusia biasa di luar sana. Berbicara tentang kopi, dia teringat celetukan seorang teman beberapa tahun yang lalu. temannya berkata bahwa Lelaki sejati harus minum kopi hitam, perokok hebat, musiknya rock and roll, bermotor gede, mempunyai brewok dan tentu saja beridealis tinggi.



Anjrit_______


Sebuah definisi lelaki sejati yang bid’ah alias mengada-ada*walau secara tidak langsung deskripsi itu dia amini dengan sangat yakin. Dari tujuh poin diatas dia bahkan tidak termasuk salah satu didalamnya. dia bukanlah perokok, walaupun merokok, itupun posisinya sebagai perokok pasif* dan menurut beberapa penelitian perokok pasif itu lebih berbahaya daripada yang aktif. Music rock and roll? Err ya bolehlah, namun jangan terlalu berharap untuk berdikusi mengenai apa bedanya Rock and roll classic dengan Rock and roll progressive, ataupun apakah ada korelasi yang signifikan antara music Rock and roll alternative dengan budaya kaum Hippie pada pertengahan 80an. Pemahamannya tentang rock and roll tidak sejauh itu. Bermotor gede juga tidak mungkin, dia adalah truly walker people, Entah suatu saat. Untuk poin brewok, dia tidak memiliki brewok di janggut* ada sedikit brewok namun diketiak, err itu brewok bukan sih? ups kecuali minum kopi hitam.



Kopi hitam baginya sangat romantis, itu yang dia rasakan akhir-akhir ini. Ada semacam dimensi aneh dimana dia bisa menikmati sensasi ritual minum kopi tersebut. Bacaan-bacaan ringan seperti komik, novel, dan majalah-majalah pop sangat tabu ketika kopi hitam itu mulai disajikan. Saat-saat seperti itulah biasanya tulisan Scott Mc Cloud dan Will Eisner tentang komik ataupun sequential art, pemikiran-pemikiran personal Plato, Bodhidarma, Sigmund Freud, berbagai wacana mengenai budaya pop kultur dari Seno Gumira Ajidharma, dan semua ilmu tingkat dewa, menemani ritual minum kopi. Oh iya akhir-akhir ini dia sedang merampungkan bacaannya tentang Budaya Masyarakat Jawa dan sejarah Koran Kompas.



dia tidak akan mengatakan bahwa dia maniak kopi atau coffee addict. Kopi ataupun teh panas kurasa sama saja, namun dia berpendapat kopi adalah sebuah minuman yang memiliki misteri di setiap rasanya. Ada dunia aneh nan tidak terjamah saat meyeruput rasa pait tersebut. Minuman hitam yang dia minum kali ini sebenarnya cukup sederhana, satu setengah sendok kopi Kapal Api silver, dua sendok gula pasir tidak bermerk, dan dua jumput Teh gardoe. Semua material itu dia seduh dengan segelas kurang seperempat air panas yang mendidih. Hasilnya? Segelas kopi hitam untuk bermansturbasi ide telah tersedia.



Kalau kalian bertanya tentang beridealis tinggi akan dia akan jawab dengan yakin, dia adalah lelaki yang beridealis* walau belum setinggi Van Gogh ataupun Affandi. Dia saat ini tengah di sibukkan oleh proyek pribadinya, sebuah komik diary bernuansa cinta. Pembagian yang jelas mengenai proyek idealis dan kebutuhan akan dunia nyata menjadi santapannya di setiap waktu. Jika kita berbincang mengenai idealis tentu saja pengertian makna tersebut berbeda di setiap kepala. Namun yang pasti idealis adalah sebuah hidup yang ideal, pas, personal dan sangat akrab menurut batasan standardisasi dirinya sendiri, untuk itulah diperlukan pembatasan tentang makna “ideal” walaupun kita memiliki berbagai macam teori dan pemikiran tentang hal tersebut.



Namun yang pasti seidealis apapun kalian jangan lupa untuk selalu bersyukur, idealis adalah anugrah, idealis adalah ciri lelaki sejati yang paling vital. Dan tentu saja lelaki sejati adalah lelaki yang mampu mewujudkan semua hal idealis didalam hidupnya. Keep idealism for a better life:D


Mujix
calon lelaki sejati *amien ya rohim
Solo 02 Oktober 2011

6 komentar:

  1. hidup pinsil *kebetulan aku kan seorang komikus :p

    BalasHapus
  2. masnya komikus ya?

    BalasHapus
  3. lelaki sejati jalannya kayang

    BalasHapus
  4. apa-apaan ini? kenapa hanya para LELAKI yang komen blg ini?

    BalasHapus