Rabu, 28 Desember 2011

kilas balik 2011

"kalo aku bengong-bengong saja, kehidupan ini akan terus berjalan tanpa ada apa-apa"
#Koyuki, from BECK Manga vol.4



Kutipan keren tersebut gw (sekali-kali pake “gu-we” gpp kan? Biar keliatan gaul kayak di tipi-tipi gitu) embat dari sebuah Manga (dibaca ‘mangga’, sebuah istilah untuk menyebut komik jepang) keren bikinan si om Harold Sakuishi, dalam manga tersebut doi mengangkat tema musik rock. Sebuah tema yang sangat menantang imajinasi pembacanya, yah kalian bisa ngebanyangin membaca sebuah komik bertema “musik” hanya dengan melihat “gambar” dari panel (bisa dibilang kotak-kotak adegan didalam komik, kalo di dalam film biasa di sebut shot) ke panel yang lain. Gw membaca BECK pertama kali ketika jaman SMA, jaman dimana gw sedang gandrung-gandrungnya dengan komik dan masa muda (ceileh masa muda yang mana nih). Saat itu bulan Juni 2004, di rental komik di daerah Kerten, ada sebuah komik tebel segede kamus bahasa inggris untuk pemula teronggok dengan rapi di rak berwarna coklat. Buku tersebut berjudul SHONEN MAGZ, edisi pertama. Bisa dibilang semacam kompilasi manga mainstream impor pertama di indonesia (setau gw sih gitu, kalo ada info yang lebih valid coment status gw ya). Berbagai mangaka ( istilah untuk menyebut komikus beraliran manga) kondang didalam kompilasi tersebut membuat gw cinta mati sama SHONEN MAGZ.


Dua manga yang membuat gw gemeter saat itu adalah BECK sama SCHOOL RUMBLE-nya Jin Kobayashi. Dua manga yang sangat berbeda rasa itu akhirnya memaksa gw untuk menyewa komik SHONEN MAGZ dengan sangat rajin. Namun awal 2006, SHONEN MAGZ , mulai banyak manga yang mbosenin yang membuat gw pindah haluan ke SHONEN STAR.


Hingga hari ini gw masih mengikuti SHONEN STAR, alasannya pilihan tema unik dan beragam semuanya ada di SHONEN STAR. Mungkin sudah hampir 5 tahun gw tidak menyewa SHONEN MAGZ, namun ada satu komik yang terus gw panteng. Komik tersebut adalah BECK. Serius, komik tersebut sangat menarik dari segi cerita maupun dari segi artwork.


Pada suatu ketika gw mendapat kabar dari temen, bahwa BECK akan di buat Live Action Movie-nya. Wuoooh, gw surprais banget, segera saja gw googling di mbah google, Dan akhirnya gw mendapatkan trailer keren di youtube. Karena dulu kagak ada modem akhirnya gw melupakan film tersebut dan hanya mengintip versi animenya (anime adalah sebutan untuk film kartun buatan jepang) di rental internet belakang kampus. Baru kesampaian download 3 hari yang lalu di komputernya kakak gw, pake modem, tentu saja, masak pake sandal.


Sepertinya biasa, gw kelepasan menceritakan tentang latar belakang manga tersebut pada kalian, namun sesekali tidak apa-apakan berbagi pengalaman membaca komik.
Kembali ke topik awal, sepertinya ini bakal jadi postingan terseru di tahun ini.dan gw rasa kalian adalah orang yang tepat untuk membaca kilas balik hidup gw selama setahun. Oke check this out dude:

a.Januari
Bulan itu adalah bulan perubahan terbesar gw, setelah 4 hari paling mengenaskan yang terjadi dibulan Desember 2010, akhirnya gw memutuskan untuk masa lalu dan membuka lembaran baru hidup gw. Pada bulan ini gw banyak pergi ke tempat-tempat yang baru, mengenal banyak orang dan menikmati hidup. Agenda bulan ini yang paling menyenangkan adalah 2 minggu berada di Jakarta dan Bogor dalam rangka promo kompilasi KOMISI SOLO 4 penjuru. Sempet mampir juga ke acara DISKOMVES di ISI JOGJA, dan tentu saja bergelut dengan mata kuliah agama:p


b.Februari
Di bulan ini gw bener-bener mulai menikmati hidup, apalagi di tambah dapet kesempatan ikutan workshop bersama komikus Prancis bernama Simon Huereu di CCF jakarta, bisa di bilang dalam acara tersebut gw mendapatkan pengalaman asik dari sudut pandang yang sangat berbeda. Sempet muter-muter juga di Bandung bersama AKADEMI SAMALI dan muter-muter labil bersama Kak Diyan Bijac di Bogor, trus bersama Hendro gw melancong di Surabaya. Gw juga mulai fokus ke karya, ada komik Joshephira dan Lemon Tea.


c.Maret
Even duet pertama antar komunitas KOMISI dan Tugitu. Gw meluncurkan komik berjudul Joshepira, komik curhat untuk pameran generasi biru. Sibuk mengerjakan storyboard, dan hampir jatuh cinta lagi dengan adik kelas di hari rabu:p, di bulan ini gw juga mulai menyebar isu buat pameran Komisi 4 penjuru.


d.April
Gw menyelesaikan komik Badai Otak, dan Si Amed. Si Amed dengan judul cita-cita itu termuat di koran Media Indonesia, dan si Badai Otak walau kagak menang lomba tapi sempet berpameran juga di Mataram, Nusa Tenggara. Komik Nabi gw yang katanya untuk penerbit berhasil kelar 2 chapter. Ada lounching HARTELUST ZINE #1 juga di akhir maret, sebuah zine curhatan gw.


e.Mei
Bulan ini gw bikin komik promonya Festival Film Solo, makin gila baca buku. Kadangkala sesekali galau, dan tentu saja berkutat bersama komunitas komik termuumumu yang bernama Komisi Solo. Oh iya, sama dapat zine keren dari mas Fery berjudul LOKER TUA.


f.Juni
komisi memamerkan logo dan isu untuk pameran Komisi #4 di pameran seni murni, komik Si Amed episode 2 dimuat lagi di koran media indonesia, status kali ini menunggu honor turun dari Jakarta. Dan masih bertarung dengan komik cinta


g.Juli
Pameran komik 4 penjuru, bersenang-senang dengan masyarakat di kampung gilingan. Mulai rutin menulis buku SMS, walau kadangkala ngadat sih. Banyak bengongnya juga bulan ini, dan Lemon Tea gw stop bentar buat ngurus kerjaan sama event.


h.Agustus
Gak banyak adegan penting di bulan ini, namun yang pasti kebiasaan nulis gw bertahan hingga bulan agustus nyampe sekarang, gw pergi ke tempatnya Pak Wagiman buat ngurusin tanggungan film dokumenter yang sempet juara 3 tingkat Jawa Tengah. Berkutat dengan Lemon Tea, dan tentu saja mulai ngeksist di berbagai media sebagai publik figur:p

i.September
Bikin event halal bi halal tergaul di anak muda solo, masih mengerjakan lemon tea dengan binal. Ada job keren dari mas Erwin, yaitu trailer novel Nibiru dan Kesatria Altantis. Sepertinya ini bulan terlabil gw, ketika gw cek di profile FB banyak share-share lagu-lagunya Didi Kempot sama Cherry Belle, adududuh :P



j.Oktober

Oktober ini usia gw 23 tahun, masih muda, dan masih berapi-api. Semuanya sangat cepat berlalu, masih disibukkan dengan kerjaan, komik cinta, ngeksis di media lagi dan urusan berkomunitas yang keren. Sempet gw bersama teman-teman Komisi mengadakan workshop menggambar di Jagalan, bantuin mas Mujadi membuat video musik diari. Intinya di bulan ini gw banyak belajar banyak tentang hidup.


k.November
Trio labil komisi mengadakan hajatan bernama KOMISI BIRTHDAY FESTIVAL, sebuah acara ulang tahun komik terkeren bulan ini.


l.Desember
Gw menang desain kaos, alhamdulilah bisa buat bertahan hidup beberapa hari. Kemudian mengerjakan coloring sisa kemarin, sempet galau mendadak juga, ada workshop komik lagi di kelurahan palur dalam rangka ultah Tugitu ke 2.

Okey, gw kehabisan energi buat nerusin tulisan ini, gw harus bolak=balik dari blog ke FB, kemudian ke blog lagi buat melacak apa saja yang gw lakuin tahun ini. Menyebalkan memang, namun akan sangat menyenangkan suatu saat kelak membaca tulisan ini lagi.


Kalian masih ingat kutipan keren di awal postingan ini, yup setelah melihat kegiatan setahun ini gw menyimpulkan bahwa gw masih terlalu banyak bengong. Setahun ini gw tau bahwa ada beberapa agenda gw di tahun 2011 belum sempat tercapai di tahun ini, menyebalkan memang.

Namun, sebengong apapun gw di tahun 2011 setidaknya gw bisa melaluinya dengan gembira, yah cukup beralasan memang. Setelah mereview setahun ini gw berjanji akan memanfaatkan waktu sebaik mungkin, waktu itu gak bisa diulang, hilang dan lenyap entah dimana. Semoga kalian semua bisa memanfaatkan waktu dengan sebaik-baiknya, jangan kebanyakan bengong kayak gw:)


And the last word for this post is keep smiling, enjoy everything , move on , move on, and change your life for better future.


Mujix
SUMPEH, pake kata ganti "GW" ribet banget,
dan ini postingan paling melalahkan
sepanjang tahun 2011
Solo, 28 Desember 2011

2 komentar:

  1. kata ganti gw emang ribet, apalagi kalo aku, fahmy dan kamu jix yang mengucapkan kata itu, betapa akan terdengar menggergaji banget????

    BalasHapus