Jumat, 21 September 2012

Mujix Sedang Jatuh Cinta


Sebelum kita ngobrolin tugas dari pimred Gradient Mediatama yang bertema cinta, sebaiknya kita kenalan dulu sama tokoh utama dalam cerita kali ini. Pemeran protagonis kita bernama ‘Mujix’, doi adalah cowok berambut kribo yang memiliki mukjizat membelah lautan dengan kegalauannya. Selain galau, dia juga dianugrahi kekuatan untuk bertahan tidak mandi selama 3 hari, kelebihan satu hari aja kekuatannya berlipat ganda menjadi ‘tidak sadarkan diri selama 3 hari’ (masyarakat awam menyebutnya pingsan) Sama juga bohong  kali ya.  langsung ke cerita yang bertema cinta aja!! Uoooh !!! (sambil teriak biar keliatan dramatis). 

Saat membaca email bertuliskan “Deskripsikan "[Nama] Sedang Jatuh Cinta" {nama ini bisa diisi oleh nama siapa saja dan jenis kelamin apa pun}, disimpan dalam file Word berjudul Cinta”  Si Mujix langsung terdiam beberapa menit.  Doi sadar, tema bertema cinta adalah tema yang paling ‘absurd’ di dunia setelah ‘isu anggota  DPR yang piknik ke luar negeri untuk bahas logo Palang Merah' sama pertanyaan ‘kapan lulus kuliah’ di waktu lebaran.  apa yang harus Mujix tulis? Doi bingung, doi galau, doi gelisah, doi gak punya pulsa, doi joged sambil liat video klipnya Cherry Belle, kemudian loncat dari jurang, dan berharap tema ‘cinta’ di ubah menjadi ‘cowok ganteng’.

 Namun, love still goes on...
 199 kata telah dia tuliskan di file bernama ‘cinta’ ini dan sudah sampai di kata ke ‘215’ tema cinta belum terdeskripsikan dengan baik. Kucatat sekali lagi, ku-bold, dan aku Uppercase
‘LOVE STILL GOES ON…’

Jadi judulnya adalah ‘Mujix Sedang Jatuh Cinta’, judul yang sangat menyeramkan (film ‘Pocong ngesot tali perawan pake kostum Suster di rumahnya Kuntilanak’ kalah serem tuh ). Jenis kelamin tentu saja aku seorang lelaki!! Kucatat sekali lagi, ku-bold, dan aku Uppercase ‘AKU SEORANG LELAKI!!’  Uoooh !!! (udah gak dramatis lagi, soalnya copy-paste dari paragraph 3).

Yak mulai!! (sambil mematikan video klipnya Cherry Belle).

“Ketika Mujix jatuh cinta, semua bunyi di seluruh dunia lengang dan hening untuk beberapa saat. Tak ada suara klason mobil, keriuhan pasar malam yang belum usai, bahkan lagu ‘Waiting’-nya ‘The Adam’ yang dia gandrungi-pun lenyap hilang di telan kesunyian cinta. Kawan, kalian tahu suara apa yang tersisa ketika kalian jatuh cinta? Yang tersisa hanya suara jantung yang bedegup kencang dan suara seseorang yang kalian cintai. Seperti saat ini, dia mencoba mengumpulkan sensasi-sensasi akan cinta yang pernah dia rasakan selama ini. Dia pungut, di tata secara acak, kemudian terketik dengan sangat sederhana  tulisan ini.

Ketika mujix jatuh cinta,  semua visual di seluruh dunia mendadak melebur, kabur, dan ‘change focus’. Tak ada wajah ‘om-om bermuka mesum dengan jenggot jarang di wajahnya’, adegan Patrick bengong menunggu pesanan Crabby Patty di film Spongebob Squarepants, bahkan manga keren ‘Bambino’–nya Sekita Tetsuji terlihat tergradasi berganti dengan alam lain berwarna hitam putih. Sedramatis itu memang.  Kawan, kalian tahu visual apa yang tersisa ketika kalian jatuh cinta? Yang tersisa hanya wajah wanita yang kalian cintai. Seperti saat ini, dia menyeleksi semua  ‘tayangan’, ‘gambar’, dan ‘rupa’ yang telah terekam di otaknya. Mengais di sudut-sudut lemari memori diotak hanya untuk menggenapkan tulisan ini hingga 350 kata. Ya, jadinya tulisan yang kalian baca ini. Seperti ini, dan kurasa cukup.”

YES!!! Udah nyampe di kata yang ke 513, namun apakah cinta dapat terdeskripsikan hanya dengan satu file bernama ‘cinta’? tentu saja belum. Kalian tahu? jutaan lembar kertas terdokumentasi di berbagai sudut tempat seluruh dunia hanya bermodalkan tema ‘cinta’, dan milyaran kertas lainnya menunggu dengan manis di berbagai belahan dunia yang lain menunggu untuk mengungkapkannya.
Kucatat sekali lagi, ku-bold, dan aku Uppercase
‘LOVE STILL GOES ON…’


Jadi judulnya adalah ‘Mujix Sedang Jatuh Cinta’, judul yang sangat menyeramkan (dan aku sangat yakin). Dan tugas dari pimred Gradient Mediatama yang bertema cinta selesai di kata yang ke 600.


Mujix
kabar terakhir, doi galau
gara-gara mata kuliah yang
ingin di ambil adanya
di semester depan
Solo, 21 september 2012


Tidak ada komentar:

Posting Komentar