megamendungkelabu

Sabtu, 10 Oktober 2015

Hadiah Kuis

Raras Pramesthi
(Sumber: Dokumentasi Pribadi)

Gambar di atas adalah hadiah buat pemenang kuis iseng-iseng di Facebook. Kuisnya sederhana sih, aku mengunggah salah satu halaman komik 'Lemon Tea', kemudian aku suruh deh mereka untuk menebak kira-kira apa sih makna yang ingin disampaikan oleh halaman tersebut. Komen demi komen bermunculan sebagai jawaban. Lucu sekali melihat mereka mencoba mengartikan gambarku yang absurd. Di kuis ini enggak ada jawaban yang benar atau jawaban yang salah. Aku mengambil pemenang berdasarkan jawaban yang paling sesuai dengan makna halaman tersebut. Pengen tahu halaman mana yang dijadikan kuis iseng-iseng ini? Nih.

Materi Kuis Iseng-Iseng.
(Sumber: Dokumentasi Pribadi)

Aku membuat kuis ini didasari oleh beberapa alasan. Alasan pertama, aku ingin berbagai mengenai proyek yang sedang aku kerjakan. Di Buku 'Show Your Work!'-nya Austin Kleon, doi berpendapat keterlibatan pembaca/konsumen dalam proses kreatif pembuatan karya, secara tidak langsung akan menaikkan value karya tersebut. Pendapat itu tentu saja didapatkan dari proses mengamati kinerja para kreator hingga memahami tentang kecenderungan prilaku para konsumen kreasi tersebut. Aku sudah cukup sering mengunggah beberapa materi dari komik 'Lemon Tea', aku berharap dengan mondar-mandirnya komik ini di Timeline setidaknya para pembaca sudah beradaptasi dengan gaya gambar dan materi komik 'Lemon Tea'. Kalau sudah terbiasa kan katanya bakalan mudah jatuh cinta. hehehe 

Hal tersebut berlawanan dengan pengerjaan komik 'Proposal Untuk Presiden' yang tahu-tahu udah kelar dan jarang sekali aku bagi prosesnya di jejaring sosial.

Alasan kedua sebenarnya bersifat pribadi, aku ingin membuat semacam peneguhan bahwa komik ini harus selesai. Beneran, semenjak komik ini dibuat (pada tahun 2010) progress penyelesaian proyek ini cukup lambat. Beberapa kali terhenti karena prioritas yang lain. Beberapa kali revisi gara-gara ketidakpuasan dengan hasil akhir. Aku udah sering curhat di blog ini. Ampe bingung mau curhat apa lagi. kabar yang paling gress dari komik ini adalah, lagi-lagi aku merevisi jenis huruf yang digunakan di komik ini. Nah Gitu sih. Setidaknya, dengan sering dipikirkan, maka akan lebih sering pula di kerjakan. 

Alesan ketiga aku pengen narsis! Pamer! Biar semua dunia tahu kalau aku punya satu proyek komik ambisius namun enggak kelar-kelar. Lhah. kalau enggak kelar-kelar kenapa harus dipamerin sih? Kenapa ya. Mungkin ini tuntutan dari program 'pencitraanku sebagai komikus' di jejaring sosial. Begitu.

Mujix
Persiapan untuk proyek
komik selanjutnya. Selain ngerjain
Lemon Tea, ada komik baru
yang genrenya sedikit trhiller.
Mulainya nunggu konfirmasi dari
Pak Sutradara tenar! hihihihi. 
Simo, 10 Oktober 2015