megamendungkelabu

Kamis, 07 Desember 2017

Budak Ide

Aku adalah budak ide. Suka atau tidak suka, di kepalaku terlalu banyak hal yang ingin aku gambar. Sejak pertama kali aku membuat komik, entah sudah berapa kali aku terpuruk di lubang-lubang dalam.

Dulu pernah komik buatanku disangka milik orang lain dan dicibir teman karena katanya gambarku terlalu bagus untuk ukuran anak SMP. Galau!? Ya iyalah. Kalian tahukan bagaimana kejiwaan seorang bocah SMP yang masih labil.

Ditolak penerbit rasanya juga getir.
Beberapa orang bahkan enggan menggambar lagi saat mengetahui kenyataan bahwa komiknya benar-benar diabaikan saja oleh penerbit.

Dua komik ini sangat membanggakan. Di tahun 2001, aku menggambar komik untuk pertama kalinya. Dan di tahun 2015, komik yang aku gambar tersebar di toko buku untuk pertama kalinya. ♡

Jadi jika saat ini kalian berada di situasi yang belum sesuai dengan yang diharapkan, bertahanlah. Bisa jadi masa membangun diri dan berproses kalian belum usai.

Lalu, apakah saat ini masa membangun diri dan berprosesku sudah usai? Tentu saja belum! Yuk berjuang bersama-sama untuk meraih apa yang kita inginkan. Enggak harus dijawab sekarang. Silahkan diobrolkan dengan orang tuamu dulu.

Mujix
Sudah cukup tentang dirimu.
Aku akan melakukan apa yang ingin aku lakukan. Hidupku harus terus berjalan.
Bogor, 26 Januari 2018.