Senin, 23 Mei 2011

mas roso dan manusia

Selamat pagi!!!

Yeah aku sering mengucapkan kata-kata itu di waktu apapun, yang pasti kata “selamat pagi” mempunyai makna yang cukup spesial buatku. Bisa dibilang salam “selamat pagi” adalah salam paling ambisius dibandingan dari semua salam yang sering aku dengar. Coba aja bayangkan, setelah hampir 8 jam kita mati suri (bahasa gaulnya tidur^^) di waktu malam kemudian kita harus segera bangun dan mengucapkan sebuah salam, salam tersulit, sangat sulit apalagi jika salam itu dilakukan ketika kita belum mandi:D namun apabila kita dapat mengucapkan salam itu dengan semangat dan niat menjalani hari ini dengan baik niscaya hari kalian akan menyenangkan:)


Akhirnya kesampaian nulis juga, postingan ini bisa dibilang postingan pertama di bulan mei. Err yeah oke kedua, kemarin juga postingan namun cuman curhat dikit. Hari ini hari senin di pertengahan bulan mei, banyak kejadian seru yang terjadi. Mungkin akan aku ceritakan satu persatu buat kalian semua. Bulan mei yang sangat panas, cerita ini akan aku awali dengan cerita ringan tentang mas roso, kalian kenal? Kuharap tidak, kalau kenal nanti jadinya sangat tidak ringan. Hari minggu kemarin aku dan anang silikon mempunyai aktu yang sangat senggang, andaikata ada kesibukanpun itu hanya alasan semata saja. Setelah bengong dan ngaco dengan sukses di solo car freeday, aku memutuskan untuk mengakhiri masa tololku hari itu, dengan menaiki jojo (jojo adalah nama sepeda astrea grand si anang) kita langsung meluncur ke colomadu. Kita berencana untuk mengunjungi seorang om-om ramah berbadan gempal yang dulu menjadi teman sepermainan di kost purwosari (walau dia om-om kurasa dia lebih tepat di bilang pakdhe sekarang). Namanya suroso bla-bla-bla, yeah kurasa namanya hanya “suroso” tapi ternyata dia memiliki nama panjang yang bahkan tidak dapat kuingat (dan sialnya nama tersebut tak sesingkat namaku). Aku mengenal mas roso pada tahun 2006, dulu ketika aku semester pertama dan mengkontrak sebuah rumah mewah dengan kakakku di purwosari (yeah rumah yang sangat mewah^^). Ada beberapa poin penting yang sangat menciri-khaskan mas roso, beberapa ciri khas tersebut adalah:

a. Tabloid posmo: kalian pernah membaca tabloid ini? itu tuh tabloid klenik dengan iklan obat kuat dan ramalan-ramalan goib tentang apapun. Tabloid anen nan labil itu ternyata dikoleksi oleh mas roso, aku masih ingat ketika SD ku membaca tabloid ini dengan tagline “9-9-1999 DUNIA AKAN KIAMAT”, anjriit waktu itu aku yang masih ingusan dan doyan gak pake celana dalem itu tentu saja ketakutan, kata kiamat yang sangat menyeramkan. Bayangin aja, ketika mau bobo, tiba-tiba duerrr kiamat, ketika mau makan duerr kiamat, ketika mau pipis duerr kiamat. Tapi untunglah pada tanggal itu ternyata tidak jadi kiamat (mungkin sang malaikat peniup sengkakala sedang sakit batuk^^). Oh iya kembali ke topik, tabloid posmo itu biasanya dia leetakkan di bawah kolong tempat tidur, alhasil setiap aku ke kamarnya aku selalu saja mencari apakah ada edisi terbaru dari tabloid posmo atau tidak, tentu saja sambilmembaca penawaran obat kuatnya :D

b. Rantang cattering: rantang cattering adalah sekelumit benda yang sangat meng-icon-kan kost di purwosari, aku sangat ingat dengan benda itu. sebuah rantang tumpuk ajaib berwarna ijo, pink dan biru. Bisa dibilang nafsu makanku kala itu sangat tergantung dengan rantang ajaib, berbagai macam sayur dan lauk pauk yang menggoda iman sering ada didalamnya. Rantang itu biasanya diantarkan pada siang hari sekitar jam 11an. Sistem pembayarannya yaitu perminggu, dengan mentotal biaya makan semua rantang. Selain kakakku mas roso juga langganan rantang ajaib tersebut, itulah yang membuatku sangat suka sekali melihat rantang.

Kurasa dua poin itulah yang menjadi kenangan konyolku tentang mas roso dan purwosari, setelah mengalami berbagai macam peristiwa pada tahun 2008 akhirnya aku pindah ke kentingan. Menyewa sebuah kamar kecil di sebuah kampung di dekat kampus. Oke kembalike cerita utama, setelah menaiki jojo hampir setengah jam kita akhirnya sampai juga di colomadu. Kita sempat tersesat dan ngilang sampai di areal persawahan dan kebun kacang, tapi tak buruk juga kok, cuman kurang dikit ke timur akhirnya nyampe juga deh di tempatnya mas roso. Dia tak banyak berubah, seorang om-om sumringah berwajah ramah yang hobi memakai “seporot” berwarna putih (seporot itu kaus dalam tanpa lengan yang sangat tipis, kurasa nama awalnya adalah mengacu kata“sport”, dan pakaian itu biasanya di gunakan untuk berolah raga. karena lidah orang jawa suka keseleo akhirnya “sport” dibaca “seporot”:D). Dia menjemput kami di pinggir perumahan Puri Angkasa, dengan senyum ramah dan gayanya yang khas dia mengantar kami ke rumahnya, dan tak kusangka ketika kami menuju ke dalam tiba-tiba keluar sesosk anak kecil berbaju hijau keluar dengan muka serius. Yeah dialah mas roso junior, tak segempal bapaknya sih tapi okelah:D rumah itu cukup sederhana, dinding berwarna merah tua dengan bangunan warung kecil di sampingnya.Aku melepaskan pandanganku ke semua arah, terlihat suasana cukup lengang siang itu, tak banyak orang-orang berkeliaran, sepi sekali (padahal aku berharap ada cewek cuantik yang tiba-tiba nongol dan berteriak “kyaa!! Kyaa!!! Mujix!!! Ai luph yuu!!” namun hati nuraniku berguman... “gak mungkin lah begoookk, ngaca dulu dong!!!”).


Oh ya, akan ku kakatakan sesuatu yang bagus, ketika nyampe disana kita di beri suguhan semangkok besar rica-rica ayam yang mantab, bagus bukan? Kita bercerita banyak hal, “ngalor-ngidul-ngetan-ngulon mbahas sing ra penting”. Sesuatu yang tidak penting namun menambah keakraban apabila dilakukan dengan porsi dan dosis yang tepat. Tema-tema garing seperti cinta, komik, nikah, dan problemantika hidup kita share-kan sore itu (hauwah “share-kan” rupamu jix, biasa ae ngono lho cuk). Ada banyak ilmu yang aku dapat sore itu, yang pasti mas roso cukup arif menyikapi hidup. Dia menjelaskan berbagai macam topik, namun secara garis besar diabanyak merespon tentang dunia dan hidup. Ada beberapa hal yang berkesan sore itu, yang pasti ada satu poin penting yang sangat menampar kita (lebih tepatnya sih menampar si silikon, aku sih perduli setan hehehe). Oke aku bikin list aja obrolan kemarin:
MANUSIA: manusia adalah aku, kamu, kita, dia, dan mereka. Mas roso menjelaskan inti kata MANUSIA dan mengaplikasikan ke kehidupan dengan sangat mahir layaknya motivator handal, MANUSIA apabila di jelaskan secara rinci maka kita akan menemukan apa arti hidup kita di dunia.

• M dari kata mimpi, setiap manusia wajib bermimpi tentang apapun. Kata band Nidji “mimpi adalah kunci untuk kita menaklukan dunia ”, aku sangat setuju dengan pernyataan itu. mas roso berbicara mutu dan kualitas mimpi itu sangat menentukan akan jadi apa orang itu di dunia dan di akhirat. Maka bermimpilah yang keren, yang gagah, dan tentu saja bermimpilah. (tapi kalo mimpi yang basah jangan sering-sering ya)

• A dapat di artikan “ALLAH SWT” apabila kita buat universal maka sering di sebut dengan “TUHAN”. Setelah kita bermimpi kita harus mengkonsultasikan mimpi itu ke Pimpinan Tertinggi yang bernama TUHAN, kita berdoa, curhat, memohon agar mimpi kita di setujui dan direalisasikan olehnya. Kata mas roso sih kita harus selalu mengecek proposal mimpi kita, sering SMS, nelfon, dan berdialog dengan TUHAN, jangan kayak saya yang hanya memasukan proposal terus ditinggal begitu saja, gimana TUHAN mau meng –ACC kalau yang punya proposal acuh tak acuh :D

• N dalam bab ini adalah nurani, setelah bermimpi dan berkonsultasi maka kita harus merevisi ulang mimpi kita, sesuai gak sih dengan nurani kita? Jangan-jangan ada salah satu mimpi kita yang sangat mengganggu orang lain, pahamilah mimpi itu dengan nurani niscaya hanya perlu beberapa langkah lagi agar Proposal kita di loloskan oleh Direktur Tertinggi:D

• U bukan dari kata udang lho ya, U adalah usaha. Yup seberapa keras usaha kita tentu menentukan seberapa cepat mimpi kita di loloskan oleh TUHAN, kadang aku berpikir, bisa tidak ya mimpi kita terwujud tanpa usaha, ternyata hanya mimpi basah saja yang terwujud tanpa usaha. Mimpi yang lain, yeah langsung di IGNORE sama TUHAN:D

• I adalah Ikhlas, nah ini nih ilmu yang paling susah sedunia, kurasa banyak orang yang muntah dan mencret gara-gara mempelajari ilmu ini. ikhlas gampang diucapkan namun susah sekali untuk di lakukan, akupun masih belajar 7000 SKS tentang ilmu ikhlas. Banyak orang yang bermimpi kemudian hancur gara-gara tidak ikhlas dengan keputusan TUHAN, sulit, sangat sulit. Cowok keriting suka bengong inipun masih berusaha agar bisa menerima kata “ikhlas” dengan sukses. Hiduuup ikhlas, hiup dian sastro, hidup mujix :)

• A yang terakhir cukup rancu, kalo menurut mas roso A itu adalah hasil akhir/akhirat. Apapun yang kita lakukan semuanya hanya menuju satu titik saja, yaitu dunia yang kekal dan abadi. Dunia akhirat kelak dimana kita akan berada disana. (banyak orang yang melupakan poin penting ini termasuk Cowok keriting suka bengong ini). namun aku malah berpikir sedikit berbeda,menurutku A dari kata alhamdulilah. Apapun yang terjadi kita ahrus mensyukuri apaun yang kita dapatkan di dunia ini, insyaalah apabila kita selalu bersyukur niscaya kita akan masuk surga.
jiahh, ketika aku mengetik paragraf diatas aku merasa menjadi dai dan motivator sekelas andrie wongso dan purdi chandra, pokoknya salam super deh:D, oke kita lanjutkan obrolan ini. ada beberapa kutipan keren sore itu (yang sebenarnya sering kudapatkan di banyak tempat). Kutipan seperti “jalanilah apa yang paling kamu takuti untuk dijalani” “jadilah dirimu sendiri” “lakukan yang terbaik-terbaik dan terbaik” kalian uadah sering dengar bukan? So yang berbeda dan membuat spesial apa? Tentu saja yang membedakan kata-kata itu keluar di saat dan tempat yang tepat, kata-kata itu terlontar disaat begundal-begundal itu membutuhkan siraman rohani dan motivasi. Yeah aku mendapat banyak ilmu sore itu:D

oke kurasa cukup postingan kali ini, intinya sih bualanku diatas jangan di pikir serius deh, aku rasa setiap orang memiliki prinsip dan pegangan hidup masing-masing. Aku berpendapat dunia manusia itu seperti dunia hewan, setiap personal memiliki habitat dan cara mempertahankan hidup sendiri-sendiri, setiap orang spesial, semua manusia unik. Mengutip kata-kata mujix di komik “lemon tea” “setiap manusia adalah tokoh utama, kita adalah tuhan kecil dalam hidup kita sendiri. Maka jadikanlah hidupmu sesuai dengan mimpimu”:)



Mujix
sesosok cowok yang berprinsip “jalanilah hari ini dengan sebaik-baiknya dan bersyukurah apapun yang aku miliki dalam hidup”. Err galau bukan? hehehehehe
solo, 23 mei 2011

Tidak ada komentar:

Posting Komentar