megamendungkelabu

Minggu, 18 November 2018

Belajar Bahasa Prancis

Temenku nulis kalimat ini di grup watsap. Tulisannya berbunyi: 'Alot po est r de untu ye'.

Hmm. Artinya apa ya? Aku pikir ia sedang belajar bahasa Prancis. Setelah aku baca ulang dari atas, ternyata itu adalah kalimat bahasa Jawa.

Kalimat bahasa Jawa yang disingkat. Kalimat itu berbunyi, 'Alot opo wis ora nduwe untu ya?'.

Yang jika diartikan dalam bahasa Indonesia, 'alot, apa sudah tidak memiliki gigi, ya?'.

Ya mereka sedang ngobrol soal dilematika daging kambing untuk para manusia paruh baya.

Saat tersadar soal tulisan yang disingkat itu aku merasa geli dan sedih. Geli karena 'salah persepsi' soal bahasa Jawa Prancis, itu lucu sekali.

Sedih karena prihatin melihat kurangnya minat untuk belajar berkomunikasi dengan tulisan yang baik dan benar.

Seorang komikus tulen harus bisa menggambar dan tentu saja menulis dengan baik. Mengapa? Karena komik adalah media untuk menyampaikan gagasan. Nilai tatanan hidup yang ingin disampaikan pengarang sangat ditentukan oleh kemahiran seseorang dalam bertutur.

Tentu saja bertutur dan bercerita sesuai dengan kaidah serta aturan baku yang berkembang di masyarakat. Ini adalah pondasi dasar. Jika pondasi ini sudah terbangun, mau dimodifikasi seperti apapun inti sari konsep yang ingin dikomunikasikan tetap tersampaikan.

Terus kudu piye? Bagaimana caranya membiasakan untuk terstruktur dalam berkomunikasi?

Tentu saja dengan belajar membaca dan menulis lagi. Mulai dari yang sederhana, misalnya memperbaiki susunan kata di sebuah kalimat dengan jurus ampuh S-P-O-K. Subyek, Predikat, Obyek, dan keterangan.

Atau belajar soal aturan-aturan yang berlaku bernama EYD. Ejaan Yang Disempurnakan. Seperti itu. Bisa? Makanya jangan tidur waktu pelajaran bahasa Indonesia saat sekolah dulu! Aku dong! Malah nggambar! Wkwkwk

Ah jangankan menulis dengan baik dan benar, membaca berita cuman sepotong  tapi kalau memberi komentar sudah sok pintar melebihi para pakar.

Makanya jangan heran jika banyak orang yang ingin punya duit banyak tapi males kerja. Membaca aja males apalagi kok disuruh kerja. Sekalinya mau kerja eh memotong omongan orang dan dipake demi kepentingan politisnya sendiri. Kan KNTL!!! Euh kental, maksudku susunya kan kental, makanya manis. Kayak kamu.

Mujix
Sedang tidak enak badan. Apakah karena aku absen jogging selama 2 minggu belakangan ini?
Bogor, 18 November 2016