megamendungkelabu

Sabtu, 04 April 2020

Bakmi Instan Jowo

Semenjak kemarin grup IKILO ramai. Eh kayaknya tiap hari ramai, ding. Obrolan random itu mengerucut ke Indomie goreng. Aku pengen dong. Ya langsung deh aku beli Indomie. Padahal kalau dipikir-pikir, aku tak terlalu menyukai varian yang ini.

Aku adalah penganut sekte Mie Sedap Rasa Soto. Selain itu merk itu, akan aku pertimbangkan beberapa kali untuk memakannya. Indomie membuat jenis rasa yang samapun tak se'endhes' mie yang itu.

Ya walau begitu, hasratku untuk makan mie goreng tak tertahankan. Bagiku, Indomie Goreng adalah makanan instan yang membuatku bingung gimana caranya agar enak dimakan! Hasil akhirnya selalu gitu-gitu aja yang selalu muncul saat membuat Indomie Goreng sesuai tutorial di balik kemasan.

Becek, lengket, rasa menggumpal di beberapa sudut, hingga telur rebus yang harus hancur saat mengedepankan pemerataan rasa. Udah kayak negara aja, anjir. Gitu-gitu mulu. Dan aku nyerah. Indomie Goreng udah aku coret dari catatan makanan kegemaran.

Nah, demi menghindari makan mie instant yang keseringan, muncullah kebiasaan baru bernama jajan. Kalau dalam bahasanye orang Jawa 'keplek ilat'!

Aku sering jajan makanan saat berada jauh dari rumah. Entah itu soto, nasi goreng, dan lain-lain. Aku sangat suka bertemu penjual yang menjajakan makanannya dengan dimasak di tempat. Kenapa? Soalnya bisa liat mereka cara bikin makanannya.

Di suatu malah yang lapar ku keluar mencari makanan. Nemu deh mamang-mamang penjual nasi goreng. Keknya sih gak bawa hendy talkie. Aku pesen Bakmie Goreng. Saat beliau masak aku berdiri di sampingnya mengamati chef jalanan itu beraksi.

Setiap beliau memasukkan bahan ke wajan aku selalu menerka-nerka. Itu apa ya? Tadi keknya bawang putih deh. Lho bakmie goreng ternyata gak cuman digoreng. Bla.. bla.. bla.. gitu terus. Ampe makanan yang aku pesan udah jadi.

Langsung aku makan, kenyang dan biasanya terlupakan. Setidaknya hingga hari ini, hari di mana aku membeli Indomie Goreng.

Baiklah, Indomie goreng sudah di tangan. Aku langsung membayangkan hasil akhir makanan ini yang becek, lengket, rasa menggumpal di beberapa sudut. Hiek. Menyebalkan. Lalu aku tiba-tiba kepikiran dong soal mamang-mamang minggu lalu yang masak bakmi goreng. Gimana kalau tekhnik yang ia gunakan itu aku terapkan di Indomie Goreng ini!? Seems legit!

Langsung aku embat bumbu dapur! Bawang merah, putih, cabai, loncang,  merica, garam dan sebungkus Royko buat jaga-jaga kalo rasa masakanku ancur.
keknya aku juga membutuhkan daun sawi. Semua bahan sudah siap. Saatnya masak.