megamendungkelabu

Rabu, 21 Oktober 2020

Separuh Usia di Masa Muda


Aku telah menghabiskan lebih separuh usia hidup dalam keadaan 'muak' terhadap diri sendiri. Sebagai seorang anak yang ditinggal merantau orang tua sejak kecil, perkembanganku dalam menerima 'keberadaan diri' baik secara lahir maupun batin mengalami keterlambatan yang sangat signifikan. 

Masa remaja dan pra dewasa adalah waktu terburukku. Berbagai masalah finasial,  sosial,  dan mental menghempaskanku tanpa ampun kala itu. Sejak saat itu aku mempercayai jika previlage itu (sangat) berperan penting dalam pendewasaan diri, meraih cinta dan cita. 

Hari ini hari terakhir di usiaku yang ke 31 tahun. Permasalahanku tak terlalu berbeda dengan apa yang aku hadapi di masa lalu. Kabar baiknya adalah beberapa previlage sudah berhasil aku 'ciptakan secara paksa' berbekal kerja keras dan semangat belajar dari waktu ke waktu. 

Terlepas dari previlage dan pencapaian yang sudah didapat hingga hari ini,  anugrah terbesar yang diberikan semesta yang paling aku syukuri adalah 'kewarasan' (dan kedewasaan) dalam berpikir. 

Beberapa masalah tentu masih ada. Sebagian sudah terselesaikan, sebagian masih mengambang,  dan sebagian lainnya menunggu muncul dengan atusias (untuk menampar,  mencaplok, menendang hidupku) di ujung jalan persimpangan masa depan.  

Sisi koin dari permasalahan adalah jawaban, yang kadang terealisasikan menjadi karya, cinta dan cita-cita.  

Satu demi satu impianku di hari kemarin sudah terwujud. Sempat kosong beberapa purnama namun saat ini sudah aku ganti (atau aku temukan?) dengan yang baru. 

Hidup masih berjalan seperti biasa. Walau masih terjebak di raga yang sama, namun cara berpikir dalam memandang hidup sudah jauh berbeda, apabila dibandingkan dengan saat diriku sendiri di masa lalu. 

Setidaknya aku 'agak sering' di posisi siap untuk menjalani hari ini dan masa depan (yang penuh kegamangan nan entah itu) dengan gagah berani! 

Well,  apapun itu, terimakasih sudah hidup dan bertahan hingga hari ini. Selamat bertambah umur, pria yang pernah 'muak' terhadap diri sendiri. Have a great day! 

Mujix
Foto diambil pada tahun 2006
Di suatu hari di masa muda yang
sangat melelahkan. 
Simo, 21 Oktober 2020