megamendungkelabu

Kamis, 29 September 2022

Karya Bang Jago

Apa hasil karya lu yang ngebuat lu bilang "Gilaaakk! Jago banget gue!". Buanyak, dasarnya emang aku orangnya kepedean (since 2015) siih. Namun jika disuruh memilih, maka pilihan tersebut jatuh pada... Skripsi! 

Bikin skripsi dong! Gilaa,  gokil bets deh,  Sebagai mahasiswa TV & film yang bercita-cita jadi komikus sukses, kesibukanku kala itu ya (selain desperate) tiap hari bergelut dengan video atau komik yang kebanyakan bermain rasa feeling kimoci di otak kanan.

Di suatu momen krusial, aku tersadar. Otak kiri adalah sosok bagian tubuh yang jarang aku latih. Saat itu alasanku memilih membuat skripsi ialah ingin belajar nulis. Yeah,  literally menulis dengan baik dan benar.

Bagaimana aku tahu?  Gampang! Jebul-nya setiap aku membuat komik kan pasti bakal bikin tulisan tuh, nah di situ keliatan dong amburadul dan mawutnya EYD serta kaidah kepenulisan di karyaku.  

Sebelumnya mah gua dulu kalo nulis asal tubruk aja. 'Di' mau dipisah atau kagak bodo amat. Mau make huruf kapital di tempat salah juga kagak perduli. Pokoknya pake jurus gas pol rem blong lah. 

Nah dari situ aku mulai meniatkan diri untuk belajar menulis. Step pertama ya banyakin baca buku non komik. Awal-awalnya males tuh. Pusing. Satu buku tebel tulisan semua itu kek sarapan nasi pake lauk roti. Eneg pol. 

Ya udah, pelan-pelan. Halaman demi halaman. Dari membaca buku teks, aku belajar banyak hal tentang dasar utama mengenai menulis. Entah itu struktur kalimat, penempatan kata kunci di setiap paragraph, hingga hal sepele samacam 'spasi setelah tanda baca titik'. 

Apakah sudah cukup untuk menuju skripsi? Belum bosku. Jadi ada titik balik besar dalam hal perkuliahan. 

Salah satu big milestone-nya itu, skripsi. Tugas akhir skripsi adalah sebuah zona baru di hidupku yang menantang adrenalin! 

Balik lagi ke pembahasan kenapa aku membuat skripsi. Jadi saat berkesenian aku dituntut kreatif, out of the box, nyentrik dan menyebrang ke berbagai zona. Namun saat bergelut dengan skripsi, aku dituntut untuk terstruktur, mengikuti aturan, banyak membaca petunjuk dan menjadi teratur. 

Banyak baca buku, banyak kopi paste teori punya orang, banyak berdialog kritis sama pembimbing. Dan masih banyak 'banyak hal' lainnya. Pusing? Of course! Nyerah? Kagak! Karena kala itu aku percaya, kreator yang minim literasi akan mendapatkan hambatan yang cukup signifikan di masa depan. 

"Hah! Koe gae skripisii lan bar ujian?? Ndak mungkin!!! Ngapusi koe!! " kata beberapa teman di kantin kampus. 

Nah, waktu aku keluarkan beberapa gepok tumpukan skripsi yang udah lolos kurasi di hadapan mereka, baru deh pada kaget. 

Aku ingat dulu ada beberapa mahasiswa satu angkatan yang gak percaya soal kelulusanku dengan skripsi. Ah jangankan skripsi, mau ngulang matkul yang gak lulus aja bagi mereka udah ajaib bets. 

Kebanyakan mereka berasumsi,  kalo Mujix pasti bikin film animasi atau film dokumenter soal komik. Skripsi gak masuk opsi sama sekali. Sepertinya personal brandingku yang sok 'seniman komik' di kampus terlalu kuat. 

Hingga membuat mereka berpikir seperti itu. Btw banyak yang ngira kalo aku anak seni rupa murni,  padahal mah aku aslinya jurusan Televisian dan Film. Abis aku spill pasti ada aja yang nyeletuk 'Oh,  jadi artis di tv dan film ya, Bang!?'. Kagak!  

Aslinya sih sempet kepikiran bikin tugas akhir film dokumenter soal komik di Solo. Ya karena beberapa alasan tadi,  rencana tersebut aku batalkan. Soalnya kala itu aku udah sadar,  kalau gak bakal memilih jalur profesi sineas film. Aku suka bikin komik. Bikin komik harus bisa menulis dan menggambar. Separuh lebih hidupku sudah habis untuk menggambar,  lalu saatnya aku belajar menulis. 

Maka saat upacara wisuda aku merasa sangat terkagum-kagum dengan diri sendiri. Bikin buku komik bisa, bikin buku skripsi bisa, yang belum bisa cuman buku nikah. Soalnya... 

***
Apa hasil karya lu yang ngebuat lu bilang "Gilaaakk! Jago banget gue!", share di kolom komentar ya? 

Mujix
Bukan jenius sih, lebih tepatnya terampil. Karena membuat skripsi atau membuat komik adalah kemampuan yang bisa dipelajari. 
Simo, 29 September 2022