megamendungkelabu

Selasa, 11 April 2023

Bau Tai Tikus

Ada bau tai tikus di meja kerjaku. Hidungku mengendus-endus ke segala arah namun tak menemukan sumber aroma. Dan begitulah,  selama hampir dua minggu aku selalu dihantui oleh bau itu tiap kali bekerja.

Dua minggu adalah waktu yang cukup lama untuk bisa mengacuhkan sebuah bau. Hingga akhirnya pagi ini tiba. Aku sudah bertekad untuk menyelesaikan problem ini. Dan pagi ini bau itu datang lagi. 

Aku segera melemparkan hidung mbangirku ini ke segala arah. Ke atas, ke bawah,  ke kanan, dan ke kiri. Masih nihil. Aku berpikir sejenak. 'Hmm, Apakah ada petunjuk khusus dari kasus ini?' Pikirku yang mulai berlagak menjadi detektif ala Sherlock Holmes. 

Petunjuk,  petunjuk, petunjuk. Kalau gak salah bau itu muncul di meja gambar bagian barat.  Hidungku mulai membaui meja. Aku sampai mengangkat beberapa buku dan barang. Tentu saja nihil. 

Apakah ada petunjuk lain? Hm.. Bentar-bentar. Oh iya kalau gak salah bau itu nongol tiap aku ngerjain vector stok.
Mataku melirik Ipad yang tergeletak di meja. Aku membuka case penutupnya sambil menajamkan indra penciumanku. 

Dan benar. Bau itu sedikit muncul. Berarti sumbernya emang dari benda ini. Ipad 9 pinjaman milik kawanku. Tapi apa dan di mana detail bau itu masih cukup misteri. 

Mau gak mau hidungku mengendus Ipad itu dari berbagai sisi. Aku khawatir kalau ada sirkuit mesin yang error menyebabkan bau tak sedap ini. Keknya bukan dari Ipadnya deh. Aku cukup yakin. Insyaallah mesin Ipad masih aman. 

Lalu aku bolak-balik Ipad tersebut, hingga akhirnya sampailah hidungku di bagian cassing kain yang terlihat kotor dan kumal. Dan mak pyaarrr!! Munculah bau yang mengguncang kepala!! 

Ternyata asal sumber aroma itu adalah kombinasi antara kotoran daki, keringat, dan suhu lembab kain cassing Ipad. Terlihat lecek dan sangat lepek. Sumbernya sudah ditemukan, ges!

Aku sampai di sebuah kesimpulan, jangan-jangan benda ini belum pernah dicuci sekalipun semenjak dibeli!? Gileee!! Tanpa banyak cingcong benda itu segera aku lepas dari Ipad. Aku bawa ke kamar mandi dan direndam pakai air sabun Rinso hingga menghabiskan durasi dua anime. 

Benda yang sudah aku rendam itu segera aku sikat pakai sabun colek. Sebuah cara yang sama ketika aku menangani kotoran membandel di jaket atau baju. Bekas kotoran yang bercampur sabun itu warnanya item banget ges. Satisfying banget waktu nyikat sama mbilas, Wkwkwk.

Dan begitulah. Benda itu akhirnya udah aku jemur di halaman. Sekarang cassing itu udah tak berbau tai tikus lagi. Problem ini akhirnya kelar. Pesan moralnya adalah saat minjemin barang sebaiknya diteliti dulu. Uhuy. 

Mujix
Pekerjaan mulai sepi, jadi makin ragu dengan diri sendiri. It's will be okey, right?
Simo, 11 April 2023