Minggu, 21 Oktober 2012

Last Day in 23th

aku bangun dengan sangat terburu-buru pagi ini, jam setengah 6 aku dan Fery harus segera  ke Stadion manahan untuk mengikuti pameran di sebuah acara ulang tahun 'konyol' koran terkemuka di kotaku. mengapa konyol? pertama, kalian harus membayar 100 ribu hanya untuk 'bingung' dan mendapatkan 'stan; gak jelas yeng letaknya entah dimana. aku sempat berpikir, acaranya bakal super duper keren. ternyata kenyataan berkata lain. kami harus muter-muter mencari tempat dimana kami bisa meletakkan barang-barang bawaan yang beratnya 'naudzubilah'. aku segera saja pergi ke tenda informasi, salah satu paniatianya mengatakan bahwa kami menempati stan bernomer A24, di sana ada tulisan KOMIK SOLO, dia hanya menujuk saja kemudian pergi begitu saja. gile. aku diem, kemudian muter-muter untuk ke 3 kalinya hanya untuk mencari 'stan bernomer A24 yang bertuliskan KOMIK SOLO', aku tidak menemukan BENDA ITU, yang paling kuingat adalah stan REPTIL dengan banyak ular dan binatang melata dimana-mana. segera saja aku berkata pada Fery, sepertinya kita tidak usah memperdulikan masalah 'stan bernomer A24 yang bertuliskan KOMIK SOLO' ataupun eksistensi. aku akhirnya mengajaknya mencari buku komik di samping manahan daripada meramaikan ulang tahun 'konyol' tersebut. setidakya usahaku untuk u bangun dengan sangat terburu-buru pagi ini, membuahkan buku komik keren seharga 3.000 rupiah. dan tentang stan di acara ulang tahun 'konyol' seharga 100.000, siapa perduli. hari ini aku masih cukup kaya untuk sekedar menyesali hal remeh seperti itu.


sore ini aku pergi ke GKS, setelah tidur siang selama 3 jam gara-gara kelelahan di karenakan aktivitas 'tolol'ku dimanahan. bangun dengan badan yang pecah belah, linglung mendadak, kurasa aku akan jadi gila  andaikata saat itu aku diajukan pertanyaaan semacam 'apa jenis kelaminmu' atau 'siapa presiden pertama indonesia'. GKS adalah gedung bekas bioskop yang dialih fungsikan menjadi Gedung Kesenian, seperti hari ini, ada acara kecil dari komunitas Tugitu Unite. mereka meluncurkan buku kompilasi yang ke 14, di ikuti serangkaian agenda lain seperti pameran, mural, diskusi, dan cari pacar. keadaan GKS tak lebih baik dengan keadaan hidupku sore ini. berantakan, mangkrak, dan tentu saja membutuhkan perbaikan disana-sini. hari ini adalah hari terakhir di usiaku yang 23. tinggal 7 jam lagi menuju angka 24. setahun lagi aku berusia 25 dan semakin mendekati gejala syndrom usia 27. perlu kujelaskan sedikit, aku tidak terlalu perduli dengan berapa umurku sekarang. soalnya berapapun angka dimana kita berada, kita hanya bertemu dengan hari ini. ya, bukankah kemarin ataupun besok hanyalah perulangan-perulangan memori semata?

aku sudah mengatakan kalau aku tidak begitu perduli dengan  umurku? aku memang seperti itu, tetapi tidak dengan orang di sekitarku. tanteku, adik dari mamakku yang dikampung sangat hobi mengatakan 'Kapan Kamu LULUS kuliah?', setelah itu biasanya aku pura-pura AMNESIA. ada juga sudara Ponakan yang doyan banget nanya 'Kapan punya Pacar?'. salah satu dosen (atau bahkan semua dosen dan makhluk di kampus) sepertinya sangat bangga ketika menasihatiku tentang 'kemapanan profesi dosen' dan 'menjadi sarjana secepat mungkin'. oh men, sejak kapan mereka menjadi begitu paranoid dengan urusan orang lain? apakah mereka peduli, sekedar memastikan atau hanya ingin membandingkan bahwa kehidupannya lebih 'oke' daripada hidupku.  okey, aku ralat sedikit, aku sepertinya sedikit 'PERDULI' dengan umurku setelah di cuci otak oleh orang-orang di sekitarku. banyak manusia di sekelilingku hidup terburu-buru, lebih dari sekedar bangun pagi jam setengah 6. kurasa mereka baik-baik saja dengan hidupnya. semoga saja seperti itu. sediki 'KEPEDULIAN'ku akan umur setidaknya telah aku wujudkan dalam buku agenda yang bernama 'BUKU PERCEPATAN MASA DEPAN'. aku mendata banyak hal disana. tulisan-tulisan banci semacam 'SEMANGAT JIX' atau analisis SWOT tentang diri sendiri, hingga gambar-gambar gak normal yang membuatmu terlihat idiot dimata orang normal. namun percayalah, buku itu memberiku semangat agar aku bisa sedikt PEDULI dengan umurku dan hidupku.

ya, ya, ya, umurku hari ini masih 23 tahun.
besok... ah tidak tidak, nanti lewat tengah malam usiaku akan berubah
menjadi 24 tahun, aku akan mencoba untuk tidak terlalu terburu-buru untuk banyak hal yang
memang belum siap dan belum di persiapkan. persoalan semacam cari pacar, Kapan Kamu LULUS kuliah, menjadi sarjana secepat mungkin, atau bahkan komik lemon tea yang teronggok dengan sangat mengenaskan, biarkan saja terjadi diwaktu yang memang telah di persiapkan oleh Tuhan. bukankah kita masih bisa berusaha dan mengorganisirnya di 'BUKU PERCEPATAN MASA DEPAN'?
iya kan teman?


Mujix
Selamat Ulang tahun
bung, keep it simple
and always cheers up
with everything in your wonderfull life
Solo, 21 Oktober 2012








1 komentar: