megamendungkelabu

Kamis, 29 Juni 2023

Kalah dan Menang

"Anjiiir jelek banget!" teriakku siang itu. Aku kali ini sedang menengok karyaku untuk Silent Manga 2023 yang kelar dua bulan silam. Dan itu adalah review jujurku. 

Karya itu aku selesaikan dalam waktu sekitar tiga mingguan. Media yang aku gunakan adalah media tradisonal yang kemudian aku edit pakai digital saat finishing.

Waktu pengerjaan sih aku gambar sebaik-baiknya. Pelan-pelan panel demi panel. Kamar selalu berantakan saat menggambar pakai pensil dan pena. Kala itu aku mencoba eksplorasi dengan spidol dan drawing pen. Sempet kepikiran mau aku warna abu-abu pakai kuas juga sih. Namun akhirnya aku batalkan. Mana menghabiskan uang 120K buat beli kuas lagi. Damn! 

Komik yang aku kerjakan berjudul 'Hunny Bunny'. Cerita random dadakan yang muncul tiba-tiba. Beberapa bulan belakangan karena sepi job, aku 'terpaksa' menggambar komik lagi untuk mengisi waktu. 

Pilihan saat sepi job hanya ada dua. Capek karena stress gak ngapa-ngapain. Atau capek karena capek ngapa-ngapain. Dan aku memilih opsi kedua. Ngapain aja?  Banyak! Pokoknya melakukan berbagai macam hal agar bisa terbuka kesempatan di masa depan.

Salah satunya ya itu. Bikin komik buat kompetisi tersebut. Ekspektasi yang tinggi tentu ada. Hanya saja kali ini aku berangkat dengan niat yang sederhana. Mengisi waktu luang. 

Selama tiga minggu bersama aktivitas-aktivitas 'gak penting' lainnya komik tersebut akhirnya terselesaikan. 

Aku unggah ke situs lomba dengan berbagai pikiran berkecamuk. Ini submisi kedua sejak terakhir kali aku mengikuti kompetisi ini. Yah apapun hasilnya aku siao menerima dengan lapang dada. 

Dan voila. Tiba-tiba saja dua bulan berlalu. Aku iseng membaca komik tersebut. Dan terlontarlah kalimat "Anjiiir jelek banget!".

Yah, mungkin memang jelek. Namun setidaknya karya itu selesai dan sudah bisa diapresiasi oleh juri lomba. 
Hahahaha

Mujix
Hari ini pengumuman. Hasilnya kalah. Kecewa gak? Tak terlalu sih. Misal menang malah heran. Abis ini bakal aku jual di Playstore. Tinggal bikin cover!
Boyolali, 29 Juni 2023