megamendungkelabu

Selasa, 24 November 2015

Aku dan Josephira 2

'Aku dan Josephira' adalah postingan kedua yang paling sering dicari oleh para netizen di blog ini. Aku berani berspekulasi, kamu yang membaca tulisan ini juga tersangkut tak sengaja di blog ini gara-gara menggunakan kata kunci 'Josephira' di mesin pencari bernama Google. Enggak papa. Lanjut baca saja. Beberapa kata kunci yang tersimpan di riwayat penjelajahan sangat beragam, mulai dari 'Siapa sebenarnya tokoh bernama Josephira' hingga 'Joane Josephira istri Bimbim Slank'. Baiklah. Aku akan Googling sebentar. Aku sendiri juga kurang siapa sebenarnya tokoh 'Josephira' yang muncul sebagai judul lagu tersebut.

Here we go!

Joane Joshephira adalah Slankers (sebutan untuk para penggemar grup band Slank) yang berasal dari Manado. Bisa dibilang sosok ini merupakan sosok yang pendiam apabila dibandingkan dengan teman-temannya yang katanya datang ke Gang Potlot. Gadis ini sempat menjadi rebutan, atau setidaknya menjadi incaran para anggota Slankers yang lain. Namun dengan kharismanya yang sangat keren, Bimbim Slank-lah yang menjadi pemenangnya. Perempuan blasteran Amerika dan Manado ini akhirnya menjadi istri dari pentolan band rock ini. Mereka melangsukan pernikahan di Sukabumi, 6 Juni 1993. Joane Joshephira diabadikan di beberapa lagu Slank seperti 'Josephira', 'Lagi Sedih' dan 'Seksi Melanie'. 

Aku juga memiliki kisah tentang Josephira. Kisah dimana aku menandai masa muda dengan sebuah keikhlasan untuk melepas seseorang. Seseorang yang saat itu benar-benar aku cintai sampai mati. Tanda tersebut berwujud menjadi sebuah komik. Aku membuatnya untuk submisi pameran generasi biru di GKS pada tahun 2010, detail event lengkapnya bisa dibaca di postingan ini: Aku dan Josephira. Baiklah. demi kalian, aku akan mengunggah komik berjudul Josephira di blog ini. Siap-siap yah. Ceritanya bakal galau abis.





















Komik ini murni komik curhat. Aku menggambarkan apa yang ingin aku gambarkan.  Begitulah. aku memang bercerita tentang proses pencarian cinta sejati. Ini adalah karya paling gelap, paling sakit, dan paling nge-art yang pernah aku bikin. Jika menikah adalah hasil akhir untuk sebuah hubungan percintaan, maka pernikahan antara Bimbim Slank dan Josephira adalah akhir yang membahagiakan.

Aku mempercayai bahwa untuk mendapatkan cinta yang sebenarnya, ada pengorbanan yang benar-benar besar untuk mendapatkannya. Mungkin mirip kisah Bimbim yang berdarah-darah berjuang untuk memiliki hati Josephira. 

Kurasa seperti itu. Jika kalian benar-benar Slankers Sejati, sebarkan kisah ini ke teman-teman kalian. Siapa tahu kelak Bimbim dan Josephira benar-benar bisa membaca kisah ini. Bukankah itu sangat menyenangkan, ketika karya kalian diapresiasi oleh inspiratornya langsung. Gituh Gaes. 

Mujix
Komikus kribo
yang suka curhat melalui
blog. Saat ini doi sedang berjuang
untuk menemukan cinta sejati.
Simo, 24 November 2015.