megamendungkelabu

Selasa, 09 Juli 2019

Iklan FB

Jadi kemarin di lini masa FB muncul iklan tokai palsu yang dijual di Buka Palak, walaupun palsu, benda tersebut mirip banget dengan aslinya. Asem!

Kan aku jijik dong. Langsung deh aku report postingan itu. Klik ini, klik itu, trus ampe selesai. Dan eng ing eng.

Iklan itu beberapa hari ini sudah hilang. Berganti dengan promo aplikasi/ situs streaming film kartun!! Yang setiap postingannya berisi potongan video lucu dari serial kartun Tom & Jerry, atau Bugs Bunny, dan lain-lain.

Sebuah perubahan yang drastis! Aku jadi teringat diskusi dengan Mas Oki, seorang dosen Universitas New York yang aku bikin cinderamatanya saat worksop 'Permodelan 3D dengan Teknologi Photogrametry' di komunitas Ansora, minggu lalu.

Beliau bilang jika, semua file yang kita masukkan ke internet, datanya benar-benar dipake sama orang sana. Jadi jika kita pake FB atau medsos, itu enggak benar-benar gratis. Kita menjualnya dengan data, baik itu foto, video ataupun tulisan-tulisan yang terunggah.

Dan ucapan beliau terbukti dari kasus sederhana bergantinya iklan tokai menjadi iklan kartun. Secara gitu, hampir 80% postinganku pasti komik atau illustrasi.

Belum lagi Fanspage Si Amed, yang  postingan Infografisnya kemarin ternyata mendapatkan respon yang bagus. Unggahan terakhir bahkan sampai menjangkau lebih dari 14.000 pemirsa. Itu semua data yang aku barter (secara tersirat) dengan pihak pemilik medsos di internet.

Isu itu sudah beredar sejak lama. Jika memang 'jualan' sudah menjadi pola pikir, aku rasa tidak apa-apa jika pola pikir tersebut diterapkan dalam bermedia sosial.

Mereka memberikan iklan tokai atau kartun (atau obat pembesar alat kelamin), kita bisa membalasnya dengan menjual citra pribadi atau produk.

Atau hal yang paling sederhana, jadikan tempat menyimpan foto, pemikiran-pemikiran, hingga gagasan-gagasan brilian kita. Terlanjur basah ya sudah mandi sekalian.

Etapi aku enggak mau ngomongin yang ribet-ribet semacam pencurian data dan bagaimana dunia ini berjalan selayaknya video-video konspirasi yang nongol di yutup.

Aku cuman pengen bilang, jika ada sesuatu yang membuatmu kurang nyaman ada baiknya diungkapkan. Entah itu lewat perkataan atau tulisan.

Just say it.
Hidupmu terlalu berharga untuk sekedar menumpuk tetek bengek yang tak terlalu penting.

Mujix
Waktu berjalan sangat cepat!
Simo, 16 Juli 2019