megamendungkelabu

Sabtu, 22 Oktober 2022

Asma Kinarya Japa

Nama Mujix hampir tersematkan di semua karyaku. Mungkin kalian ada yang penasaran gimana sih awal mulanya aku nemu nama pena tersebut. Gak penasaran?  Yowis gak papa. Aku paham kok emang priority tiap orang beda-beda. Tapi gak papa kan ya jika aku berbagi cerita. Daripada hilang ditelan waktu dan lenyap bagai debu. Wkwkwk


Jadi gini, aku dulu bersekolah di SMK N 9 Surakarta, aku yang kala itu sedang lucu-lucunya belajar dan berkarya dengan komik, akhirnya merasa butuh nama pena. Atau nama panggung, intinya label biar gampang diingat orang saat bikin karya. 

Terus saat itu sedang marak beberapa komikus Indonesia menggunakan nama pena yang ke-Jepang-Jepang-an. Kan aku jadi kepengen, tapi bingung juga ya nyari nick name yang bagus. 

Ya udah karena gak mau pusing,  aku penggal aja kata 'Muji' lalu aku tambahi huruf 'X' dibelakangnya. Jadilah nama 'Mujix'.

Kenapa harus huruf 'X'? Soalnya di sepanjang aku hidup,  sesuatu brand yang mempunyai akhiran huruf 'x' biasanya selalu keren. Gak percaya?  Sebutlah serial kartun seperti 'X-man', 'Samurai X',  'BTX', dan 'Tarzan X'. 

Nah jadi nama pena 'Mujix' itu aku ambil dari penggalan awal 'Muji' dari kata 'Mujiyono' dan imbuhan huruf 'x' biar keren. Beuh keren banget gua waktu itu. Nama pena tersebut aku pake hingga hari ini. 

Nah ngomongin nama. Mamakku bercerita, dulu namaku waktu lahir aslinya 'Mugiyono'. Iya,  Mugiyono. 

Alasannya, karena dulu anak-anak yang lahir sebelum aku (kecuali anak sulung) meninggal di usia bayi karena sakit. 

Jadi Mugiyono jika diterjemahkan bebas ke dalam bahasa Indonesia artinya ya, 'mugi-mugi ijik ono'. Semoga masih ada. Semoga terus hidup. 

Nah, lucunya, anak dari Budheku ada yang bernama Mugiyono juga. Beliau lahir seminggu lebih dulu. Budheku protes dong. Masak namanya sama.Terus dengan mudahnya bapakku bilang  gini:

"Ya uwis jeneng'e diganti 'Mujiyono' wae ben gak kembar!" Dan begitulah. Nama sesesok manusia bernama 'Mujiyono'.  alhamdullilah, masih ada dan eksis sampai sekarang saat tulisan ini 
terbaca oleh kalian. 

Nah, kabar lainnya pria bernama Mujiyono itu hari ini berulang tahun. Beberapa keinginan yang tidak tercapai, beberapa lainnya sudah tercentang dengan sangat gokil. Sisanya masih diusahakan. 

So if you don't mind please cheers him with your great words. Terima kasih sudah menjadi bagian dari kehidupanku. 

Mujix
Happy birthday my self. 
Selamat menjalani sisa hidup yang sebagian besar orang tidak bisa menjalaninya. Stay safe and have fun. 
Simo, 22 Oktober 2022