Rabu, 23 Februari 2011

galau #2

met malam, apa lagi yang akan kita postingkan kali ini? entahlah, mungkin curhatan epik yang belum selesai tentang "galau".

tiga hari dua malam ternyata tidak cukup untuk membereskan perasaan yang terjangkiti virus galau.kemarin malam akukembali gila gara-gara prasangkaku, aku mengakui bahwa ku adalah manusia yang memiliki kelebihan dalam mengimajinasikan sesuatu, namun tentu saja banyak hal baik dan buruk yang aku terima gara-gara kelebihanku tersebut. komikku yang aku kerjakan selama ini pun tak lepas dari kegilaanku dalam berimajinasi, tak dapat disangkal aku bisa hidup sampai sekarang karena kekuatan imajinasi. namun apa yang terjadi jika seseorang yang dianugrahi penggambaran visual hebat bertemu dengan penyaki galau yang sangat laknat? yang terjadi adalah keputus-asaan yang sangat dalam.
(tak apusi yo do ra ngerti XD)

saat itu pukul 9 malam, aku gila di kamar kostku gara-gara dia. aku sudah mencoba banyak cara agar bisa tegar kembali. mendengarkan lagu, jalan-jalan, baca komik, dan lain-lain. namun seperti biasa tidak ada peningkatan sedikitpun, akumasih merasa menjadi manusia paling malang sedunia (mantra-mantra andrie wongso juga kayaknya gak mempan deh ).semuanya menjadi gelap, yang terlihat hanya wajah manis bermuka bahagia yang selama ini aku banggakan tengah bercinta dengan kaum adam yang dia cintai. pemuda bertakdir baik yang belum pernah kutemui itu berhasil membuat dia jatuh cinta kepadanya, kata temenku dia adalah sesosok pria yang tampan, kaya, dan sangat mencintai sanasuke (gyaaaahhh kelepasan):D. cinta dan galau adalah satu kesatuan, pemuda itu aku gambar secara keren dalam komikku yang berudul "josephira". sebuah komik tentang cinta yang mengrbankan separuh jiwa untuk seseorang yang dia cintai, dan kuharap pemuda itu benar-benar mengorbankan separuh jiwanya untuk sanasuke. kata-kata klise seperti "cinta tidak harus memiliki" dan "aku bahagia melihatmu bahagia" ternyata tidak semudah di lakukan didalam dunia nyata ini. anadaikata kamu berada di dunia orang dewasa,kata-kata tersebut sangat menyiksa dari waktu ke waktu. oke, saya memang bukan pemuda bermental tempe, aku adalah sesosok pria penikmat segala sesuatu dalam hidup, namun ketika galau aku akan berubah menjadi sesosok pecundang payah seperti tempe.

kadang kala aku berpikir, apakah kisah cinta bahagia yang terjadi di dalam sinetrn maupun komik cinta itu benar-benar terjadi? semua kejadian yang seakan-akan sutradara menjadi dewa skenario terhebat dalam sejarah program televisi. apakah hidu memang sedatar ini? mungkinkah asih ada beberapa scene yang belum aku alami? namun walau dan stress aku masih mencoba percaya terhadap apa yang bernama takdir. hidup adalah kemungkinan, kita tidak akan tahu apa yang terjadi esok hari. malamitu aku meggambar banyak hal, segala sesuatu tentang keresahanku aku lukis dengan sangat enerjikdan penuh emosional, aku masih ingat bagai mana bunyi goresan pena kala itu yang benar-benar membuatku gila. hampir satu jam aku bergumul dengan kamarku, melemparkan coretan sembarang ke berbagai arah didalam kamar, dan tidak memperdulikan apapun yang terjadi didunia luar. hampir mati kelelahan pada pukul 11 malam, kemudian aku tidur berharap semua yang terjadi kala itu adalah mimpi.

aku bangun sekitar jam 8 pagi, memandang kosong kamarku yang masih berantakan. aku benar-benar putus asa, entahlah semoga saja hari itu semuanya akan berjalan baik-baik saja. semua kegiatanku pada hariitu aku tidak begitu ingat, semuanya berlalu saja sampai detik ini ketika kalian membaca postinagnku kali ini, yang pasti tad malam aku segera mengambil coretan curhatku yang masih berantakan.

aku mengulang gambar-gambar tersebut menjadi sebuah komik curhat, aku menata lebih baik komposisi dan menambahkan teks disana sini, aku berharap mugkin 10 tahun lagi karya-karya keputusasaanku kali ini akan menjadi harta karun yang tidak ternilai. tentu saja angkah itu au ambil masih dalam rangka mengarsipkan semua kegiatan dan mencoba menorehkan sedikit jejak di dunia yang sangat cepat berlalu ini.
semoga saja esok ahri lebih baik:)

NB: aku menulis postingan ini di hari rabu, sedikit dipusingkan dengan dilema antara pergi ke surabaya tau tidak X

mujix, solo.
pada tanggal 23 februari 2011
cowok beramut semak yang hari ini tiba-tiba girang gara-gara menemukan lagu barunya jason mraz yang berjudul "geek in the pink" dan kepalanya sedikit pening setelah membaca komik jagoan filusuf-nya KPG XD

Minggu, 20 Februari 2011

galau

galau adalah saah satu kata ungkapan yang tengah tenar dikalagan anakmuda dikota jakarta. kata tersebut secara tidak langsung dapat diartikan suatu keadaan keresahan seseorang gara-gara wanita. sedikit bercerita tentang galau aku teringat duo galau dari jakarta. dua galauers (sebutan untuk orang-orang yang galau^^)dari jakarta tersebut adalah kak Alfi Zachkyelle dan Ahmad IKhwanul Muslimin. duo pemuda harapan bangsa tersebut menjadi duo galauers paling keren dalam workshop di CCF. kak alfi adalah animator sekaligus komikus penggagas vattala sang pelindung, dia sesosok manusia (galau) berkepala botak dengan segudang kurikulum tentang dunia perkomikan dan animasi di otaknya. suasana workshop yang semula kaku dan standar mendadak menjadi heboh dan semakin gila-gilaan gara-gara dia, sapiterbang dan alien luar angkasa adalah beberapa pernik-pernik dari kak alfi.yeah dia adalah pemuda yang cukup keren, walau galau XD. kak amet adalah salah satu anak AKADEMI SAMALI. dia memilikiperawakan cukup gempal, sering memakai jaket merah,rambut dikuncir dan tentu saja suara ramah nan cempreng. kak amet adalah cowokpaling gokil di AKSAM, sikapnya yang ceplas-ceplos dan terihat cukup ceroboh, ternyata dapat membuat suasana disana menjadilebih ceria (walau galau XD), sikapnya yang ramah tentu saja menjadipoin tersendiri bagi dia. selama seminggu di jakarta aku banyak belajar dari duo makhluk galau tersebut. mereka memberi banyak masukan dari berbagai sudut pandang dan materi. senggak-enggaknya aku mengetahui bahwa di jakarta juga ada suatu materi yang bernama galau.

setelah bergalau-galau ria dengan mereka, aku akan membicarakan kegalauanku hari ini. aku saat ini berada disebuah warnet ditempat biasa aku mangkal (jangan berpikiran bahwa aku tukang ojek yah^^). hari minggu ini kau habiskan untuk beristirahat setelah dua minggu lebih aku berada diluar kota untuk berbagai macam acara, aku pergi ke simo menemui nenek tercinta setelah hampir 2 bulan tidak menengok atau memberi kabar, cukup menyenangkan walau aku bertemu dengan duo kerabat yang sangat menyebalkan X(. sebenarnya keadaanku cukup baik, masih memiliki kesehatan dan segudang semangat untuk hidup. hanya saja setelah memasuki jam 6 sore ini semuanya berubah. penyakit rutinku datang secara tiba-tiba tanpa kabar apapun, yah penyakit ngedrop stadium 4 datang lagi. penyakit aneh yang sering disebut leh anak jakarta sebagai penyakit galau.

apa penyebab kegalauanku hari ini? mungkin kalian akan bertanya-tanya dengan lirih mengenai sebab musababnya, sepertinya kali ini memang sudah saatnya ku melampiaskan kegalauanku. setelah hampir satu bulan aku menahan keluhanku,mengalihkan rasa cinta ke hal-hal yang lain, melupakan dia, menjelajah tempat-tempat baru, mengenal orang-orang yang berbeda, ini saatnya aku kelelahan. yah bulan ini aku jarang mengeluh, jarang mengumpat, meyalurkan rasa galau itu ke berbagai aktivitas. dan hari ini sepertinya puncak dari segalanya, rasa yang bernama putus asa dan kegalauan itu memunculkan sebuah nama yang sangat aku cintai. yah...
ini masih kisah yang sama seperti edisi sebelumnya, belum berubah teman...

aku bahkan bingung mau bagaimana menuliskan kegelauanku, yang pasti semua visual tampak mengacau, hatiku seperti tertinggal entah kemana. aku benar-benar jatuh kali ini, biasanya apabila ada gejala seperti itu aku mendengarkan lagu yang agar semuanya bisa aku lupakan, tapi untukmalam ini aku tidak bisa mengalihkan apa yang aku keluhkan. ketika aku terkena penyakit galau maka aku akan aku mencintai dia lebih dari apapun, lebih dari ice cream, lebih dari komik, lebih dari diriku, lebih dari orantuaku, dan bahkan aku mencintai dia lebih dari Tuhan.

mujix, solo.
pada tanggal 21 februari 2011
di tulis oleh
seseorang cowok keriting yang tidak bisa melogika cinta

Minggu, 13 Februari 2011

satu hari yang ramai XD

akhir pekan ini workshop dari simon hureau telah selesai, ternyata hari ini aku sudah berada di jakarta selama satu minggu penuh (tanpa bolong). banyak sekali pengalaman yang kudapatkan campur aduk dari yang senang sampai yang menyebalkan. pagi hari di AKSAM yang biasanya aku lewati adalah seperti ini:

aku bangun pagi jam 7an, kemudian menengok ke luar, sedikit pemanasan kemudian aku segera mandi, seperangkat alat mandi lengkap (kecuali odol) segera kubawa dengan riang kebelakang (seriang anak es de menemukan uang 1000an). aku biasanya menghabiskan waktu mandi selama 9 menitan, kalo sama pup bisa lebih dari 15 menit. badan seger dan bugar kemudian duduk di kursi kayu putih di depan aksam, aku sangat suka kursi itu, aku merasa oase di jakarta cuman ada dua yaitu "warteg" depan rumahnya mas beng dan "emperan" aksam yang teduh dan nyaman. ada beberapa kemungkinan setelah itu, bisa tiba-tiba mas beng membawakan kopi kemudian kita ngobrol ringan sejenak, atau aku segera nagkring di sepedanya mas tomas atau kak amet untuk segera ke CCF agar tidak telat workshop.

tapi pagi kali ini berbeda, mas beng dan mbak lulu berencana ke bandung untuk menghadiri acara pameran komik almarhum mas norvan dan acara ulang tahun komikara. kita berangkat dari aksam jam 9an pagi, suasana cukup cerah. aku sudah tahu bahwa perjalanan ini akan sangat menyenangkan, oh iya peserta jalan-jalan kali ini ada 7 orang. mereka adalah:

1. bang beng rahadian: dia adalah cowok jangkung berambut berantakan berprofesi sebagai komikus profesional. bang beng adalah aktvis komik (setahuku) paling mengerikan dalam hal pergerakan di komunitas komik. goresannya yang terinspirasi dari komik eropa (si lotif) membuat dia terlihat sangat ajib dalam menggambar. (kadang kala aku merasa wajahnya mirip jason mraz versi indonesia), dia adalah orang yang baik dengan kerendahan hatinya:)

2. mbak lulu ratna: wanita penggagas boemboe.org ini kuketahui pertama kali dari cerita kakakku, dia memamerkan foto mbak lulu saat dia berada di meumere dalam acara short film three cities. aku merasa mereka adalah dua sejoli yang menkautkan, mengapa? sang suami adalah aktivis komik indonesia dan sang istri adalah penggiat film independen yang tak kalah atraktif.

3. kak amet: cowok berambut panjang yang selalu di kucir dan memiliki penyaki yang kita sebut "galau syndrom", yeah dia adalah kak Ahmad IKhwanul Muslimin. menurut kawan-kawannya dia memiliki keberatan nama (berat karena nama kak amet mirip nama teroris yang di cari diseluruh dunia). walau kadang terinveksi penyakit galau dia adalah seseorang yang berhenti ketika lampu merah, dan manusia yang rela menjemput susigit yang sedang mengalami insiden ban bocor. dengan kata lain dia juga cowok yang baik hati dan berbudi luhur (walau galau), hidup kak amet:)

4. mbak erie: nama aslinya Heryani Wahyu Ningrum, dia seseorang yang memiliki berbagai macam jabatan di aksam, mulai dari sekretaris, manajer keuangan, bendahara, sampai seksi yang mengejar-ngejar para komikus di AKSAM untuk memenuhi deadline. dia adalah sesosok wanita yang semangat, ramah, hyperaktif, dan tentu saja keren. dia asli solo tapi hanya saja bahasa jawanya kacau gara-gara dari kecil sampai gede gini hidup di jakarta:D

5. bambang: dia mahasiswa mercubuana sekomplot dengan ridwan, sama-sama suka ngeksis di berbagai tempat (bahkan hampir dilarang foto karena terlalu sering nongol i comical magz). aku kenal dia pertama kali ketika FKI 2008, kala itu ada workshop di TIM kemudian kita berkenalan pada saat akan acara bubar. perkenalan kecil itu ternyata berlanjut ke FB dan kompilasi bersama via digital di GAGAKZINE. (aku heran, orang jakarta kok namanya bambang XD )

6. pak sopir: "pak sopir yang tidak kuketahui namanya" itu ternyata sopir yang sangat handal dan memperhatikan kesehatan. dia bercerita tentang ASAM PROSTAT, GULA DARAH, KOLESTROL, dan DARAH TINGGI, kukira kosakata tersebut mantra untuk menjadi ganteng, ternyata aku salah. semua itu adalah hal-hal yang harus di cek untuk menjaga kesehata. dari "pak sopir yang tidak kuketahui namanya" dia memberiku beberapa petuah dahsyat.

a. jangan tidur setelah makan, biarkan di cerna sejenak selama 2jam
b. periksalah ASAM PROSTAT, GULA DARAH, KOLESTROL minimal satu tahun sekali
c. puasa senin kamis sangat bagus untuk menjaga kesehatan:)
d. istirahat secukupnya.

7. aku :)
besok aku lanjutkan;D, yeah sekarang udah besok. tepatnya hari minggu pagi yang sangat damai, seperti biasa aku nebeng modem di tempatnya akademi samali.
mobil berangkat dari aksam jam 9 lebih, setelah mempersiapkan banyak hal kita semua segera berangkat.

mobil meluncur cukup cepat, kita bergerak ke arah timur, yang pasti jalanan jakarta akhir pekan tidak seramai hari-hari biasanya (terutama hari senin :)). seperti biasa aku memilih tempat duduk dikursi dipinggir jendela, tempat terfavorit kalo dalam perjalanan ke manapun. kita bersenda-gurau membicarakan banyak hal, mulai dari galau, makanan, hingga keadaan bandung yang akan kita datangi nanti. aku sangat bersemangat mengikuti perjalan ini, bandung adalah kota yang sangat asing untukku, kota bandung hanyak kuketahui dari TV, cerita temen, dan tentu saja dari film xxx yang berjudul bandung lautan asmara XD (jangan lupa lagu halo-halo bandungnya).

ketika mobil kami berada di jalan tol jakarta menuju bandung aku merasa sangaaaaaaat senang, aku dapat melihat tempat-tempat baru yang belum aku ketahui. suasana luas yeng diperlihatkan langit biru pagi itupun juga terlihat sangat menakjubkan, sesekali aku menyimak lagu apa yang balak keluar dari radio kecil dalam mobil itu. beberapa list lagu yang paling aku ingat adalah: katon bagaskara-sebuah lagu tentang negeri di awan dan akon-nya lonely.

perjalanan dari jakarta menuju bandung memakan waktu kira-kira 2 jam (mungkin malah lebih). kita mampir ke rumah orangtuanya bang beng, tempat yang sejuuuuuk sekali. dingiiiin XD kalo di solo mirip tawangmangu gitu. rombongan sampai disana disambut dengan hangat dan ramah tamah, ada sebuah gubuk kecil didepan pelataran,, di sampingnya terdapat banyak saturan-sayuran segar yang belum dipetik. kita sarapan disana dengan menu yang sangat mengerikan khas bandung:) tak lupa segelas kopi panas diseruput untuk mengakhiri aktivitas kita di sana. haturnuhuuun pisaan atuh kak XD

mobil melaju kembali, kali ini kita akan menuju ke dareah kota, aku lebih suka memperhatikan suasana yang berada di luar jendala daripada membaca koran ataupun mengobrol, maaf soalnya disini banyak tempat yang aku lihat:D. ketika sampai di sumedang mnak lulu dan mbak eri sudah ribut mengenai yahu. ya... kita berada dipusat tahu paling mantab di jawa barat, kita berada di kota tahu sumedang :D. mobil kami berhenti di sebuah toko yang lumayan besar, mabk eri segera turun menerobos antrean ayng cukup panjang. hampir 10 menit kami menunggu hingga akhirnya mbak eri mendapatkan satu keranjang thu crispy yang sangat enyaaaaak (terutama kalo pake sambalnya:D).

sampai di kota bandung, mobil kita berhenti di sebuah rumah lawas dengan berbagai tanaman menjuntai di atapnya. suasana yang sangat ramah terlihat dari penataan barang dan pemilihan asesoris dari toko tersebut. tempat itu bernama TOBUCIL, toko buku cilik (mengapa buka TOBUKEC aja ya? terlalu macet di lidah kali XD). disana banyak terdapat buku-buku dan peralatan merajut. buku-buku lawas banyak kutemui disana, bahkan ada bukunya bengkel komik street soccer XD.

komikara adalah tempat pemberhentian kita selanjutnya, sebuah rumah komik yang cukup terkenal dibandung. sepertinya mereka berulangtahun kali ini, banyak anak-anak bandung yang doyan komik mengerumun di sana. aku sangat malas menulis sdegan di tempat ini, mereka hanyalah sekumpulan maniak komik yang enggan menyambut tamu dari luar (maaf memang seperti itulah yang kurasakan), sebuah perlakuan yang sangat berbeda dengan komunitas manapun, baik itu solo, jogja, maupun jakarta. dalam setiap bersosialisasi aku selalu menerapkan 3 step dan 3 tingkatan, aku akan menyapa dan mencoba berhubungan secara sosial sebanyak 3 kali. jika sampai tingkatan 3 mereka masih mengacuhkan kita dan enggan merespon...
mati aja lu kelaut...
emangnya komikus cuman lu doang?
untung ajah aku sempet makan pizza disana, jadi aku masih mau berbaik hati menulis tentang kalian disini :)

kalian tahu commonroom, tempat itu sepertinya sarana khusus untuk akan muda disana, saat itu tengah diadakan pamerannya norvan siapa gitu, tribute to norvan, sesosok cowok hebat yang mati muda karena sakit kangker pangkreas. pameran tersebut cukup sederhana, banyak pernak-pernik yang menggambarkan kegiatan dia dari lahir sampai dia meninggal, bahkan ada foto detik-detik ketika dia tengah berjuang menghadap sang Tuhan.
jadi ingat katanya mbak eri, setiap orang baik pasti mati muda:(. sepulangnya dari common room mobil melaju kembali ke arah jakarta, ya... kita kan kembali ke jakarta. setelah makan bakso MALANG di kota BANDUNG. sebuah adegan yang cukup lucu XD

seperti biasa aku duduk di kursi dekat jendela, memandang susana di luar jendela yang sudah hitam pekat. jujur aku sangat benci dengan suasana malam di suatu perjalanan, aku tidak bisa melihat apapun. semuanya gelap, aku hanya diperlihatkan mimpi-mimpi yang terbuang. kalian pernah mengalami keadaan seperti itu bukan?
yeah walau malam itu aku terkapar dan kecapekan baik fisik maupun mental, hari itu sangat menyenangkan:)


mujix, jakarta selatan.
pada tanggal 12 februari 2011

Rabu, 09 Februari 2011

burung merpati di atas jembatan penyebrangan

hari ketiga dijakarta yang sibuk tengah berjalan baru separuh, suatu sore yang kacau aku dan bang tomas berboncengan menuju mampang dari CCF jakarta di daerah salemba. mengapa aku bilang sore itu kacau? yeah mungkin bagi orang lokal yang sudah bertahun-tahun di sana merasa keadaan seperti itu adalah keadaan yang normal, wajar dan apa adanya.

namun tidak bagiku, bagi seseorang pemuda berambut keriting yang berangkat ke jakarta demi workshop komik selama satu minggu.

tahun ini CCF atau centre cultural francais di jakarta mengadakan workshop komik selama satu minggu dengan mengundang komikus internasional dari prancis. simon hureau adalah komikus prancis yang menjadi mentor kali ini, dia adalah cowok jangkung (mirip pohon kelapa:D) dengan sikap yang sopan ala pemuda perancis. bisa dibilang dia komikus yang memiliki perhatian yang besar terhadap perjalanan dan petualangan. dari karya yang ditampilkan simon sangat mengandalkan setting dan background, menurut dia lokasi yang jelas bisa membantu pembaca untuk menyelami cerita apa yang ingin disampaikan pembaca. biasanya workshop selesai pada pukul 4 sore. jam 4 sore adalah salah satu neraka jahanam di kota jakarta, terutama buat penduduk yang memakai motor dan harus segera pulang ke rumah dengan cepat. salah satu manusia yang beruntung merasakan neraka itu adalah sesosok pria berambut kriting cepak bernama mujix.

jakarta adalah kota metropolitan dimana "lampu merah" dan jalan untuk bus way bebas dilanggar (maaf buat yang tinggal di kota jakarta, aku cuman curhat doang kok). pernah suatu pagi ketika aku berangkat ke AKSAM naik kopaja dari senin menuju mampang ada kejadian aneh nan nyebelin. kopaja P20 adalah kendaraan umum yang paling aku ingat ketika di jakarta, sebuah bis yang menurutku sudah tidak layak berwarna orange atau hijau muda dengan kursi keras di atasnya (sekeras hidup saya XD). sepertiga perjalan telah aku tempuh dan sampai di daerah menteng, saat itu lampu lalu lintas sudah menyala merah, tentu saja bang sopir kopaja (cukup muda, mungkin sepantaran atau lebih tua sedikitlah dari aku) menyetir kendaraanyan dengan cukup ngebut dan hampir menabrak mobil kijang berwarna perak kemewahan. sebuah suara klakson melengking dengan kejam dari mobil kijang tersebut, bang sopir dan si kernet langsung saja mengeluarkan kata-kata umpatan kasarnya. mulai dari "ngent****t, sampai beg****", kijang berwarna perak itu memang salah, saat itu aku tahu bahwa lampu penyebrangan sedang berwarna merah. dan itu simbol bahwa mobil haru berhenti dan memberi kesempatan untuk motor/ mobil di sebrang jalan untuk lewat.

dan itu kejadian itu sering aku lihat dua hari ini selama di jakarta.
kata bang tomas
"ironis memang"

kalian belum kenal bang tomas? akan kuceritakan sedikit tentang dia. nama lengkapnya tomas soejakto (kalo tidak salah). dia adalah pegawai AKSAM sebuah organisasi komik yang tengah eksist di dunia pergambaran di indonesia, sebuah lembaga komik yang bercita-cita menghidupkan aura perkomikan di indonesia. dia cowok jangkung berambut belah tengah dengan sikap yang ramah seperti anggota AKSAM yang lain, aku banyakbelajar dari dia. aku bertanya banyak hal mengenai apapun, mulai dari komik, alat, media gambar artwork, dan tentu saja kegilaan penduduk jakarta. bang tomas tinggal dijakarta dari kecil, dia menjadi sangat paham rute jakarta semenjak dikuliah semester tiga. setiap pagi dia datang dari cipete, kemudian menjemput sesosok cowok keriting untuk mengikuti workshop. aku ingat setiap datang menjemput dia selalu menenteng helm bergambar elmo, meletakkan tas rangsel di dpan jok, sekaligus membawa tas kamera di sampingnya, dan aku tahu itu sangat capek sekali. XD
rutinitas aneh itu terus berlangsung selama 3 hari ini. semuanya menurutku baik-baik saja, setidaknya kalau kami tidak pulang pada jam sibuk seperti sore kemarin.

di jakarta waktu terbagi secara tidak wajar, ada dua jam di situ. jam normal dan jam macet. jam normal adalah jam dimana para manusia berpergian kesuatu tempat dijakarta dapat sampai dengan tepat waktu, tanpa terjebak keadaan apapun yangberkaitan dengan lalu lintas. sedangkan jam macet adalah jam dimana manusia terjebak di uforia kesibukan dijakarta yang serba cepat namun tidak mau memperdulikan siapapun disana. berbagai macam manusia dapat bertemu di tempat yang bernama jalan, disana semua kepenatan dan kemarahan di lampiaskan dengan teriakan, klakson dan tentu saja umpatan penuh emosi kepada siapapun yang dia rasa mengganggu aktivitas mereka. bang tomas bilang bahwa semua orang jakarta itu individualistis, bahasa populernya adalah egois, bahkan dia samapai ngomong dia pun termasuk salah satunya. di suatu jalan layang menuju menteng (aku lupa namanya) kami seakan dapat lepas dari kuningan, di salah satu sudut kota jakarta yang sangat macet dan anarkis. di jembatan layang itu kami dapat menjalankan si motor dengan leluasa. saat itu aku ingat, langit sedikit mendung menggantung di sisi kananku, aku menoleh dan memperhatikan matahari sore yang membias kemudian memantul melalui kaca-kaca biru tua di gedung pencakar langit. dikejauhan terlihat cukup banyak gedung-gedung tinggi, seperti mimpi saja kala itu. bahkan aku dapat merasakan angin yang bertiup dari depan dan membuatku sedikit lega.

saat-saat itu adalah saat yang paling menyenangkan ketika aku pulang menuju AKSAM. keadaan akan berubah ketika ruas jalanan itu berganti menjadi jalan sibuk di daerah kuningan.

di daerah kuningan sama hancurnya dengan jalan salemba maupun cikini. sama macetnya, suasana saat sangat panas, pengap dan udara kotor gara-gara mikrolet tak layak jalan mengeluarkan asap berwarna hitam pekat (dan membuat mataku memerah sakit setelah sampai di AKSAM). ketika aku dan bang tomas bercerita tentang noraknya pengguna jalan raya yang egois, tiba-tiba mobil dan sepeda motor di depanku berhenti. sepertinya ada sedikit masalah dengan sopir kopaja dengan sopit inova hitam. suasana makin kacau ketika salah satu kernet turn dan mengomel entah apa, kulihat sekilas di bodi Inova terdapat bekas terserempet benda keras yang cukup banyak.

bang tomas dengan tertawa ironis berkata
sopir kopaja adalah sesosok sopir emosional yang tidak dapat di sentuh.
mereka berada tepat dimana mereka tidak dapat disentuh oleh pengendara apapun (kecuali polisi kali yaa^^).

titik jenuhku kala itu aku alihkan ke langit, walau mendung aku terus memandang langit. kubiarkan saja semua berjalan rumit, pengap, dan kacau. aku hanya memandang mega mendung kelabu yang tengah mengajakku untuk sedikit menikmati hidup.

dan saat itu aku melihat seekor burung merpati berwarna coklat hinggap di atas jembata penyebrangan, tidak ada pohon yang rindang, suasana sawah yang tenang, suara siulan petani yang bersenda gurau ataupun udara bersih yang menemani sang merpati.

yang ada hanya merpati coklat, penduduk jakarta yang egois, pohon gersang dipinggir jalan, suara umpatan pengguna jalan raya, dan tentu saja asap hitam knalpot yang menemani sang merpati.

ironis memang :(



mujix, jakarta selatan.
pada tanggal 8-9 februari 2011
di Akademi Samali bersama mas amed yang sedang
membuat komik strip Galau.

Minggu, 06 Februari 2011

ada hidup di "gaya baru malam"

pagi ini aku sudah berada di daerah mampang, jakarta. ini adalah ahari kedua setelah hari jumat kemarin berangkat dari kota solo. hujan turun sangat rutin pada hari jumat itu, hampir dari pagi sampai sore suasana kota solo sangat basah (kayak lumpia^^). malam sebelumnya aku mengetahui bahwa hari sabtu besok akan diadakan technical meeting di CCF untuk membahas tentang rencana workshop bersama simon heureu. hal itu membuatku pusing, aku harus berangkat hari jumat agak bisa mengikuti workshop tersebut. saat itu aku dihadapkan dengan dua pilihan, apakah aku harus kesana naik kereta ekonomi atau naik bis kemudian turun di bogor. setelah mempertimbangkan banyak hal akhirnya aku memutuskan untuk naik kereta ekonomi jurusan pasar senen. aku mempersiapkan barng bawaanku ke jakarta setelah habis jumatan, dua potong kaos, satu celana pendek, aqua satu liter, buku komik, buku disney ways, celana daleman, dan tentu saja uang saku. setelah semua persiapan beres, aku pergi ke staiun jebres untuk memesan tiket, dan sampai pada loket pukul 16.45. satu buah tiket solo- jakarta dengan kereta ekonomi gaya baru malam:), kereta yang sama ketika aku berangkat ke IKJ satu bulan yang lalu. setelah tiket kudapat aku meluncur ke GKS untuk meminta dana tambahan, maklum saja uangku tidak akan cukup untuk hidup lima hari disana. setelah berpamitan dengan semua orang di GKS dan mengambil uang secukupnya di ATM aku langsung meluncur ke stasiun jebres.

pada pukul 18.30 aku sudah sampai di peron, aku duduk menunggu kereta yang biasanya telat datang. aku ingat di sampingku kali ini ada mbak-mbak item yang tengah bergosip mengenai cowok cakep, aku hanya tertawa dalam hati saja. aku cuman kepikiran sama Tuhan. mengapa tuhan menciptakan manusia berbeda-beda nasib?
(dan pertanyaan ini tidak harus dijawab).

yeey...
akhirnya kereta gaya baru malam datang, kali ini aku sendirian dari solo. kalo kemarin aku bergerombol bersama anak-anak komisi, kali ini aku benar-benar sendirian. yaaah cukup menyenangkan, ini sudah kedua kalinya aku menaiki kereta ekonomi menuju jakarta. aku memasuki salaha satu gerbong, dan sudah kuduga kursi di gerbong ini sudah berpenghuni semua, aku segera memilih duduk bersandar di bagian dekat pintu gerbong dan sesegera saja kuletakkan Tas rangselku di tempat barang (namanya apa ya tempatnya? agak lupa sih. yang pasti bukan bagasi). suasana di gerbong ekonomi sangat lucu, kalo yang kemarin aku melihat sesosok bapak-bapak tua tidur dengan santainya di bawah kursi penumpang, kali ini aku melihat kakek-kakek tua tidur dengan nyamannya di lorong untuk tempat penumpang berjalan. pertama kali kupikir dia adalah kakek tua dari sebuah keluarga yang sedang sakit dan butuh istirahat. bantal sewaan berwarna biru dipakainya dengan nyaman di bawah kepalanya, dia tidur dengan nikmatnya tanpa memperdulikan orang lain (sumpah saat itu aku benar-benar kesal dengan perilaku si kakek). tapi yah... mau bagaimana lagi, ini kereta ekonomi bung. setelah beberapa menit kereta berjalan akhirnya muncullah para tokoh utama di kereta api ekonomi gaya baru malam. ini dia diskripsi singkat profil mereka:


1. penjual kopi keliling.
para penjual kopi ini biasanya eksis di gerbong pada hampir setiap waktu. mereka membawa banyak minuman, terutama kopi dan pop mie. biasanya barang bawaan mereka sangat simpel, termos berisi air panas, beberapa macam kopi, dan pop mie berbagai rasa, dan tentu saja gelas plastik plus sendok yang di gantungkan di termosnya. kata-kata andalan yang biasanya diteriakkan adalah "kopinya mas? pop mie? yang panas yang panas, saatnya ngopi mas". yeah, sebenarnya penjual kopi ini sangat berguna dan menyenangkan, kecuali kamu seorang penumpang yang tidak dapat tempat duduk dan seorang cowok berbadan besar yang siap ditampar dengan pantat, kaki, pop mie dan termos si penjual :D . untuk kopi harganya Rp. 2000


2. penjual aqua

ada yang menarik dari karakter ini. mereka biasanya menjajakan berbagai macam air minum, mulai dari "aqua, mizone, pocari sweat dan larutan cap kaki 3". apanya yang menarik? yang menarik adalah mereka mempunyai media promosi yang membuat para penumpang (khususnya aku) terteror dengan cara mereka menjajakan barang. kata-kata yang provokatif dan akan membuat para penumpang mampus adalah bagai mana mereka melafalkan barang jualannya. setelah mereka muncul mereka akan berteriak dengan lantang

"MIJON, MIJOOON"
setekah itu

"POKARIIIIIII, POKARIIIIIII"
menyusul

"KUAAAA AKUAAAA AKUAAA"
kemudian

"LARUTAAAN LARUTAAAAN"

setelah sampai di tempat tujuan kata-kata mereka akan terus terngiang-ngaiang sampai ke alam mimpi :)
(pengalaman pribadi cing)

3. penjual nasi
untuk yang satu ini sebenarnya cukup membantu untuk penuampang yang kelaparan. mereka biasanya menjual nasi dengan berbagai macam lauk, mulai dari telor, ayam, dan gorengan. hampir sama dengan penjual minuman hanya saja kata-kata mereka sedikit berbeda.

4. banci pengemen
banci yang satu ini berbeda dengan banci yang kalian temui di taman lawang maupun sriwedari. kalian tahu apa itu banci? menurut wikipedia banci adalah:

Waria (portmanteau dari wanita-pria) atau wadam (dari hawa-adam) adalah laki-laki yang lebih suka berperan sebagai perempuan dalam kehidupannya sehari-hari. Keberadaan waria telah tercatat lama dalam sejarah dan memiliki posisi yang berbeda-beda dalam setiap masyarakat. Walaupun dapat terkait dengan kondisi fisik seseorang, gejala waria adalah bagian dari aspek sosial transgenderisme. Seorang laki-laki memilih menjadi waria dapat terkait dengan keadaan biologisnya (hermafroditisme), orientasi seksual (homoseksualitas), maupun akibat pengondisian lingkungan pergaulan.

Sebutan bencong atau banci juga dikenakan terhadap waria dan bersifat negatif.


kalau kalian pergi dari solo malam biasanya kalian akan bertemu mereka pagi hari didaerah stasiun jakarta. mereka biasanya bergerombol dan memepersiapkan dandanan menor mereka, lagu yang mereka mainkan juga bermacam-macam. mulai dari dangdut sampai pop, salah satu petikan lagu yang paling aku ingat adalah lagunya keong racun. mereka membawakan lagu tersebut dengan sedikit improvisasi. mulai dari kata-kata yang diplesetkan sampai gerakan tubuh mereka yang aduhai (menurutku sangat menyeramkan^^ ). kalau bertemu mereka saya sarankan untuk mempersiapkan uang receh, kalau tidak siap-siap saja di colek dan di goda mereka.


didalam gerbong ekonomi tentu saja ada banyak manusia yang muncul. seperti penjual boneka, baju, gantungan kunci, pengemis, banci, dan tentu saja para penumpangnya. kadang kala aku berpikir, mungkin memang seninya naik kereta ekonomi adalah tempat itu berkumpul banyak manusia dari berbagai macam latar belakang cerita. bahkan secara simbolis kehidupan didunia itu seperti kereta ekonomi. banyak hal dan aktivitas yangterjadi didalamnya, penjual minuman yang sepertinya pengganggupun akan menjadi berkah ketika bertemu dengan penumpang yang kehausan mencari minuman. banci pengamen yang menyebalkan bahkan bisa menjadi obat tawa ketika seseorang tengah suntuk akan masalah dan terjebak di kereta tersebut. semua hal yang buruk bagi kita kadang belum tentu buruk untuk orang lain. namun yang pasti kita harus menghargai hidup seperti banci pengamen menghargai orang yang memberinya receh. yaah dalam kehidupan kita adalah banci pengamen, dan Tuhan adalah penumpang yang memberi kita uang receh(kehidupan)nya. syukuri saja yang ada :)

mujix, kereta gaya baru malam
pada tanggal 4 februari 2011.

Rabu, 02 Februari 2011

belajar melalui "Bule Misterius Penebar Petir"

aku kali ini terdampar lagi di sebuah hari yang sangat sibuk. yeah
hari ini hari rabu, aku sebenarnya mempuntyai puisi untuk menggambarkan hari rabu, walau garing dan norak senorak muka saya tapi puisi tetaplah puisi, tidak akan berubah jadi bubur ayam ataupun sepotong kue lemper kesukaanku:D
dua hari ini aku dipusingkan akan masalah tugas, masih tersisa sebuah amanat dari bapak dosen berinisial "R" yang belum saya laksanankan. aku sadar tugas mahasiswa adalah menjadi siswa yang sangat super dalam segala hal("maha" kan artinya "super" kan?) pada masa ini kita dituntut untuk lebih mandiri dalam segala hal (kecuali untuk minta tolong buatin anak, nah itu harus butuh bantuan orang lain, terutama yang lawan jenis:P). seorang mahasiswa adalah sesosok siswa super memiliki tanggungan yang cukup besar. dengan berbekal berjuta-juta konsep, diharapkan suatu saat mereka dapat merubah apa yang harus seharusnya presiden ubah (agh.. kok postingan gw jadi makin lebai?:D)
oh my God..

Okey back to laptop
(jiahahahhaha koyo tukul ae cuk)
amanat itu sebenarnya tugas yang sangat simpel, sederhana, dan cukup mudah. setiap mahasiswa dalam ujian semesternya diwajibkan untuk membuat video dengan beberapa efect dan sebuah makalah tentang editing. cukup mudah bukan, yang menjadikannya susah adalah ketika seseorang siswa itu tidak memiliki komputer, sedikit bego, punya penyakit ngedrop syndrom, dan tentu saja kangker akut di dompetnya. dan seseorang itu adalah saya:)

tugas pertama yaitu membuat video telah aku buat beberapa hari yang lalu, karena keterbatasan alat maka dengan sedikit sungkan aku membuat effect yang sangat sedehana. ada orang bule berjalan kedepan kemudian ketemu murid-murid es em a bengong dijalan mereka berbicara sesuatu kemudian jreng jreng jreeeeng kredit tiilte "the end" (what the f*ck? jix? apa-apaan itu). video itu belum aku kasih efect, dan kali ini aku akan menceritakan secara mendetail mengenai effect yang aku pakai dalam tugas itu. video itu sudah selesai, dengan bangga aku memberi judul "bule misterius penebar petir" begini ceritanya:


Bule Misterius Penebar Petir

suatu hari yang cukup cerah terlihat sesosok pria bule berjalan kebingungan kesana-kemari, diaterlihat pusing akan sesuatu. kala dia berjalan tiba-tiba muncul semacam medan magnet yang membias dari seluruh tubuhnya (pake effect motion blur bro). dia kemudian menghampiri bapak-bapak untuk bertanya sesuatu, segera saja dia bersalaman dengan sang bule, tapi si bapak malang itu tidak yahu,bahwa dia tengah dicuci otak oleh sang bule melalui petir berwarna biru yang muncul dari matanya. sang bapak panik kemudian beranjak pergi, kurasa dia ketakutan. si bule kemudian meninggalkan bapak-bapak itu dengan kecepatan suara, terlihat lagi fenomena membias itu.( tentu saja effect blur yang sama dengan yang tadi) kemudian berlari melintasi jalan raya yang cukup padat, pandangan sang bule kemudian terkejut. dia melihat segerombol anak-anak sma tengah asik nongkrong dipinggir jalan, (kalo ditengah jalan mati bang XD). si bule bertanya dengan mata yang mengeluarkan petir biru,para siswa bingung. tidak tahu harus berkata apa, malah ada satu siswa yang kurang ajar menyalakan lampu dengan giginya (pake effect lens flare).

sibule bingung...

kemudian....

tamat.




tentu kalian berpikir, nilai pelajaran apakah yang bisa di simpulkan lewat cerita di atas. apa? apa? kagak ada? kalian bilang itu hanya cerita aneh yang tidak jelas juntrungannya. sama. aku juga berpendapat seperti itu kawan. tidak ada nilaikehidupan yang bisa dipetik, tidak ada kedahsyatan effect yang bisa dilihat, bahkan tidak ada pemain yang sesemok luna maya. yang ada hanya seorang mahasiswa tingkat atas yang kelabakan bego membagi waktu.

yah..
waktu memang sesuatu yang sangat misterius, kadang kala kita tidak pernah perduli terhadap waktu yang berjalan. ketika kita masih kecik kita berharap segera sekolah, saat sekolah kita akan berharap segera masuk SMP agar bisa mengenakan BAJU PUTIH BIRU, saat kita mengenakan baju putih biru kemudian kita melihat kakak-kakak kita bebas pergi keluar rumah pada malam hari,kita segera ingin sperti mereka. masuk SMA dan bisa keluar malam dan hang out sama teman-teman, namun apakah setelah kita keluar malam semua keinginan itu akan berakhir? tentu saja tidak. kita akan bertemu dengan permohonan-permohonan yang memakan waktu banyak, mata kuliah yang belum berakhir, pacar yang minta untuk dinikahi, pekerjaan-pekerjaan yang menumpuk, serba-serbi dunia dewasa yang semakin rumit. apakah permohonan kita sudah selesai?
tentu saja belum, permohonan kita tidak akan selesai sebelum kita maut menjemput.

ya kawan, sebelum mati kita akan terus bertemu dengan keinginan dan keinginan.
walau saya masih belum begitu dekat dengan sang Tuhan namun aku percaya tidak ada yang abadi dalam hal apapun. seperti mujix yang bego bagi waktu kita bisa belajar, menikmati saat ini adalah yang terbaik. walau dia bego bagi waktu, seidaknya dia sadar bahwa waktu terus berjalan, dia sadar bahwa waktu yang ada adalah sekarang.

yang kemarin telah lenyap entah kemana..

dan besok kita tidak tahu akan datang mengetuk dari pintu yang sebelah mana.
oleh karena itu nikmati hari ini teman :)



diposting oleh mujix
pada jam 1:02 siang di perpus, setelah mati-matian mengerjakan makalah
salah satu tugas, berlari kesana kemari buat membakar VCD, dan terus pantang menyerah menyemangati diri sendiri.

Selasa, 01 Februari 2011

bulan penuh cinta

hari ini hari pertama di bulan februari, kata temen-temenku februari adalah bulan yang romantis, bulan penuh cinta, bulan dimana para cupid berkeliaranbawa golok sambil ngomong "lu jangan belagu yeee? mana uangmu serahkan sekarang "
maaf yang tadi bukan cupid tapi perampok yang menyamar sebagai cupid, I'm sorry dude :D
kembali ke topik awal, sepertinya postingan kali ini kita akan berbicara banyak soal cinta, soal "cie-cie", soal "ihieeeer", dan tentu saja soal "sirkuiiiiiit"
(kata-kata diatas adalah kata ungkapan yang sering di teriakan manusia ketika jatuh cinta). ngomong-ngomong soal cinta, tentu para pembaca sekalian sudah sangat ahli sekali soal cinta, kalian pasti memiliki banyak cerita mengenai kisah percintaan kalian. sebenarnya aku pengeeeeeeeeeeeen banget bercerita kisah-kisah konyol tersebut sekarang, tapi sepertinya ditunda aja dulu aku akan curhat sejenak soal makna cinta akhir-akhir ini.

hari ini sudah hampir 2 bulan setelah aku gila kemarin, aku mengalami TBC (Tekanan Batin Cinta) paling parah dalam hidupku. yah saat itu cukup berat memang, aku benar-benar tidak bisa berpikir secara matang (kayak telor). setelah dijatuhkan dan dihempaskan secara kejam oleh tuhan kali ini aku hidup kembali. sekarang aku udah jarang stress, aku bisa berjalan menikmati hidupku yang kacau, mungkin memang benar kata orang-orang, kita harus di jatuhkan terlebih dahulu agar kita bisa melihat langit harapanyang kadang tidak kita perhatikan selama ini. akhir-akhir ini aku sering memandang langit, mengeluh kepada sang pencipta semesta. lebih sering menganggap semua ini yeng terbaik buat kita semua. kalian tahu aku membicarakan siapa? tentu saja sanasuke dong, dia cewek terkereen dalam hidupku. eh popok juga keren, ah entahlah kalian semua keren deh :D

pengalaman yang menyakitkan itu aku tuangkan dalam komikku yang terbaru, komik sebanyak 23 lembar berjudul josephira, sebuah komik sarkas namun terbalut jalinan cinta yang sangat aneh. tokoh utama komik kali ini bukan saya, bukan siapa-siapa hanya tokoh rekaanku. secara tidak langsung aku ingin berbicara soal sanasuke dan seseorang yang mencintai dia sepenuh hati (tentu saja pria itu buka aku :)). josephira sudah hampir selesai, sudah aku gambar sebanyak 20 lembaran. sekarang masih tertunda gara-gara satu tugas mata kuliah yang sedang aku kerjakan. semoga saja josephira segera selesai.

bulan februari ini aku ingin fokus ke komik lemon tea, sebuah komik humor 4 panel untuk popok yang sempet tertunda hampir satu tahun, yeah teman satu tahun itu sangat cepat berlalu. si popok akan datang pada bulan maret dan itu berarati aku cuma punya kesempatan satu bulan untuk merampungkan lemon tea. lemon tea juga sebuah kisah cinta yang tidak jelas juntrungannya. gyaaah!!!!! menyebalkan memang, bulan februari yang sangat sibuk. semoga cepat selesai, sepertinya februari ini benar-benar akan menjadi bulan penuh cinta, penuh dengan komik cinta, semoga saja :)
selamat menjemput bulan februari 2011, selamat bulan berkasih sayang:)